Pencoklitan Hampir Selesai Dilakukan KPU Asahan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Tahap pencoklitan yang dilakukan oleh 1.938 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),melakuka mencocokan data pemilih di Kabupaten Asahan, hampir selesai dilaksanakan oleh petugas pencoklitan

Hal ini dikatakan oleh anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Asahan, Kelana Muttaqin Simanjuntak pada wartawan,Selasa (11/8/2020) di Kantornya, Dikatakannya, bahwa proses coklit yang berlangsung mulai tanggal 15 Juli 2020 - 13 Agustus 2020 hingga Senin (10/8/2020), sudah mencapai 81 persen.

"Hasil laporan petugas kami tadi malam, sudah 81 persen. Coklit ini bertujuan untuk mengetahui pemilih yg ada di A-KWK diambil dari DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang diperoleh dari Kemendagri," ungkap Kelana.

Dikatakan Kelana, berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Kabupaten Asahan ada terdapat 623.096 pemilih yang harus dicoklit. "PPDP ini bertugas untuk memastikan keberadaan pemilih ini, apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," katanya.

Disebutkan Kelana,sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) di keluarahan/desa ada yang sudah melakukan penyusunan daftar pemilih hasil coklit.Berdasarkan jadwal di PKPU, tahapan itu bisa dilakukan setiap PPS mulai 7-29 Agustus 2020.

"PPS bisa menggelar rapat rekapitulasi pemutakhiran coklit mulai dari 30 Agustus sampai 1 September 2020 nanti," sebut Kelana.

Sedangkan tahapan rapat pleno tingkat kecamatan atau Panitia Pemilik Kecamatan (PPK) digelar pada 2-4 September 2020. S ementara pleno rekapitulasi pemutakhiran data coklit akan berlangsung di tanggal 4-6 September 2020.( Hen)
Share:
Komentar

Berita Terkini