Pemkab Simalungun Melaksanakan MTQ Ke-46 tahun 2020

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 tahun 2020, yang dipusatkan di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

Secara resmi MTQ tersebut dibuka oleh Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM yang ditandai dengan penekanan tobol sirena dan pemukulan rebana, Kamis (20/08/2020).

Pembukaan MTQ itu juga dihadiri antara Kapolres Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Anggota DPRD Simalungun, Ketua MUI Simalungun, mewakili Kajari SImalungun, mewakili Dandim 0207 Simalungun,  Kakan Kemenag dan ketua LPTQ Simalungun serta perwakilan dewan hakim dan undangan terbatas termasuk para kafilah dan dilakukan live treaming virtual meeting serta mengikuti protocol kesehatan Covid-19.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Supriadi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ oleh siswa/i MAN Simalungun.

MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun mengusung thema “Dengan semangat pelaksanaan MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, mari satukan langkah untuk membangun generasi muda yang maju dan berkarakter Qur’ani”.
Menurut Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Simalungun Ir Ramadhani Purba dalam laporannya mengatakan bahwa, pelaksanaan MTQ berlangsung selama tiga hari 20 s/d 22 Agustus 2020 yang diikuti sebanyak 543 orang peserta yang berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Simalungun. Para peserta tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan lomba yaitu cabang Mujawwad, cabang Syarhil Qur’an, cabang Tahfiz  Al Qur’an, cabang Fahmil Qur’an, cabang Tartil Qur'an dan cabang Khottil qur’an, mulai tingkat anak-anak, remaja dan dewasa.

Kegiatan lomba MTQ dilaksanakan di tiga lokasi yaitu Gedung MUI, Aula Kemenag Simalungun dan di Sekolah Yayasan UISU. Semua peserta dalam mengikuti kegiatan mengikuti protocol kesehatan penangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) seperti memakai masker, jaga jarak, menyiapkan cucitangan/hand satizer, pengkuran suhu tubuh dan sebagainya.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa, kegiatan MTQ ini sudah direncanakan sejak bulan Maret lalu namun karena wabah Covid-19, Pemkab Simalungun memfokuskan untuk penanganan Covid melalui pelayanan kesehatan. “Setelah kita lakukan koordinasi dengan LPTQ maka baru ini dapat kita laksanakan kegiatan MTQ dengan menggunakan protocol kesehatan,”ujarnya.

Selanjutnya Bupati berharap, Kabupaten Simalungun ada kontingen untuk mengikuti MTQ pada tingkat provinsi Sumut.  “Melalui acara sederhana ini diharapkan kita mendapatkan yang terbaik, karna kita yakin anak-anak di Simalungun ini pintar-pintar dan cerdas semua,”harapnya.

Disamping itu, Bupati juga berharap pelaksanaan MTQ ini menjadi sarana untuk meningkatkan silaturrahmi antar sesama peserta. Untuk itu mari kita laksanakan MTQ ini dengan baik. "Siapapun yang berangkat ke provinsi nantinya agar lebih mempersiapkan diri sehingga hasilnya dapat diraih dengan baik,"imbuhnya.( Erwin Sinulingga)
Share:
Komentar

Berita Terkini