Ops Patuh Toba 2020 di Taput Didominasi Pelanggar Protokol Kesehatan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Operasi Patuh Toba 2020 di wilayah hukum Polres Tapanuli Utara (Taput) yang dilaksankan sejak 23 Juli  hingga 05 Agustus 2020, didominasi pelanggaran protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19 dibanding pelanggaran aturan lalu lintas di jalan.

Anehnya, himbauan tersebut sepertinya ter abaikan. Hal ini terbukti dalam operasi patuh toba 2020 yang berlangsung selama 14 hari yang dilakukan oleh polres taput ditemukan, banyak pengendara maupun penumpang kendaraan yang tidak menggunakan masker saat bepergian.

Kapolres Taput AKBP Jonner MH Samosir SIK, melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing, Jumat (07/08/2020) kepada wartawan menjelaskan, selama operasi Patuh Toba 2020 yang dilakukan, pihaknya telah memberikan masker kepada masyarakat pengguna kendaraan di jalan raya sebanyak 1500 buah.

" Namun, selama enam bulan aturan protokol kesehatan berlangsung akibat pandemi Covid-19, masih ditemukan pengemudi maupun penumpang kendaraan yang tidak menggunakan masker. Inilah fakta di lapangan yang kita temukan," ujar Aiptu Baringbing.

Dilanjutkannya, dibanding dengan jumlah pelanggar aturan lalu lintas di jalan, sangat jauh berbeda dengan pelanggar protokol kesehatan.

Selama 14 hari operasi tersebut, pelanggar aturan lalu lintas yang ditilang hanya 50 orang. Sedangkan pengendara yang mendapat teguran sebanyak 230 orang, laka lantas tidak ada dan yang tidak menggunakan masker sekitar 1500 orang.

Operasi Patuh Toba 2020 berbeda konsepnya dengan tahun sebelumnya. Hal ini terkait pandemi yang terjadi. Sehingga peran petugas mengimbau pengendara agar selalu mengikuti protokol kesehatan. Disamping itu telah disiapkan masker saat operasi di jalan untuk diberikan  kepada pengendara maupun penumpang yang tidak menggunakan masker.

"Mari bersama-sama mengikuti aturan pentingnya protokol kesehatan. Peduli dengan diri kita, keluarga dan teman. Dengan mengikuti aturan ini, kita sudah ikut berpartisipasi memutus penyebaran Covid-19," kata Aiptu W Baringbing. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini