Nurul Akhyar Bilang, Donor Darah Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar SE mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan donor darah yang digelar Yayasan Khadijah Sharaswaty bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Medan Labuhan, Minggu (30/8).

Apresiasi dan dukungan tersebut disampaikan Nurul saat menghadiri kegiatan donor darah yang digelar di Masjid Al Husain Griya Martubung I Jalan Jala Raya Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan. Selain melibatkan anggota PMI dari Kecamatan Medan Labuhan, kegiatan donor darah ini juga melibatkan  Agent Of Public Relation (PR) Kesehatan.

Dikatakan Nurul, donor darah ini memiliki manfaat menurunkan resiko penyakit jantung, mengurangi kekentalan darah dengan menurunkan tingkat zat besi dalam tubuh yang berlebih, menurunkan tingkat kolesterol serta menurunkan kadar oksidan dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh.

“Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dengan melakukan donor darah, kita juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, dikarenakan saat akan melakukan donor darah petugas akan memeriksa detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh dan tingkat hemoglobin sebelum darah kita diambil,” jelas Nurul.

Selain itu, tambah Nurul, donor darah merupakan salah satu cara untuk menolong orang lain yang dapat membantu mengurangi stress dan perasaaan negatif, meningkatkan rasa kebersamaan serta meningkatkan kesejahteraan emosi.

“Donor darah ini sangat penting dilakukan, selain membantu pasien yang membutuhkan juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan mendonorkan darah secara teratur akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membuat tubuh lebih sehat,” ungkap Nurul.

Di akhir sambutannya, Nurul juga mengingatkan kepada seluruh warga Kota Medan untuk tetap menjalankan dan mengedepankan protokol kesehatan setiap melakukan kegiatan. “Di masa pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kota Medan yang melanda dunia bahkan Indonesia termasuk Kota Medan, kita harus selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebarannya serta menjaga diri kita dan orang lain agar tidak tertular terutama dengan menggunakan masker saat berada diluar rumah, rajin mencuci tangan serta jaga jarak,” pesan Nurul.

Dalam kesempatan tersebut, Nurul juga meninjau langsung jalannya donor darah dari awal pendaftaran hingga melihat langsung pengambilan darah yang dilakukan petugas dan pendonor. Nurul juga berdialog dengan petugas dan pendonor terkait donor darah.(ds/lilik)
Share:
Komentar

Berita Terkini