MTQN Ke- 46 Tingkat Kabupaten Simalungun Ditutup, Kecamatan Tapian Dolok Juara Umum

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun yang berlangsung sejak 20 s/d 22 Agustus 2020, secara resmi telah ditutup Oleh Bupati Simalungun diwakili Staf Ahli Bupati Akmal Harif Siregar SKom MSi bertempat di Gedung MUI Kabupaten Simalungun, Sabtu (22/08/2020).

Sesuai dengan Keputusan Dewan hakim MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungin tahun 2020 No.  03/DH/MTQN-46/KS 2020 di bacakan oleh Mara Timbul Daulay, sebagai juara umum Kecamatan Tapian Dolok. Mengawali acara penutupan tersebut dilaskanakan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Supriadi SAg.
Ketua LPTQ Kabupaten Simalungun Ir H Ramadhani Purba dalam laporannya mengatakan bawa, seluruh rangkaian kegiatan perlombaan MTQ telah tuntas dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh adalah yang terbaik untuk menjadi duta Simalungun dalam rangka mengikuti MTQ tingkat Prov. Sumut di Kota tebing tinggi pada bulan September 2020.

Dalam kesempatan itu, Kakan Kemenag Simalungun Sakoanda Siregar SAg dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Simalungun yang telah melaksanakan MTQ ini dengan inovasi dan mengikuti protocol kesehatan Covid-19.
“Secara umum pelaksanaan MTQ ini terlaksana dengan baik ditengah pandemi Covid 19 serta mendapat dukungan masyarakat dari berbagai kecamatan dan juga MUI Simalunhun.  Diharapkan hasil dari MTQ ini dapat menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumut,”ujarnya.

Bupati Simalungun diwakili Staf Ahli Bupati Akmal Harif Siregar SKom MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa, didalam suasana beradaptasi dengan kenormalan baru, Pemkab Simalungun melaksanakan MTQ ke-46 tahun 2020 yang berthemakan “Dengan semangat pelaksanaan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Simalungun mari satukan langkah untuk membangun generasi muda yang maju dan berkarakter Qur'ani”.

Dari thema MTQ tersebut, diharapkan dapat mewujudkan pembangun generasi muda yang Islami di tanoh habonaron do bona. “Kedepan kami sarankan kepada LPTQ untuk memprogram kan satu Qur'an untuk satu orang, dengan harapan setiap pribadi muslim harus mempunyai dan mempedomani Al-Qur'an sebagai landasan hidup”, harapnya.

Kepada para pemenang Akmal berharap teruslah berlatih dan menjaga kesehatan. “Jadilah duta-duta Qur'ani di tingkat provsu dan tingkat nasional,”pungkasnya. Tampak Hadir dalam acara tersebut antara lain mewakili Kapolres Simalungun, staf ahli bupati dan sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Simalungun,  ketua MUI dan perangkatnya,  Kakan Kemenag,  ketua LPTQ dan KUA se Kabupaten Simalungun serta official dan peserta MTQ.
Berikut juara-juara MTQN ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun. Golongan Mujawwad dewasa putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Sidamanik, Dolok Batu Nanggar,  Bosar Maligas. Dewasa Putri,  juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Pem Bandar,  Gunung Maligas,  Hatonduhan.

 Golongan Mujawwad remaja putra, juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Dolok Batu Naggar,  Bandar,  Siantar.  remaja Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu kecamatan Tanah Jawa, Pem bandar,  Jawa maraja bah jambi.  Golongan Mujawwad Anak-anak putra , juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Panombeian Pane,  Bandar,  Dolok Batu Nanggar.  Anak-anak Putri , juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Panombeian Pane,  Huta Bayuraja,  Jorlang Hataran.

Sementara Cabang Tartil Qur’an putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Jorlang Hataran,  Dolok Panribuan,  Bandar Huluan. Untuk Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Ujung Padang,  Ginung Maligas,  Huta Bayu Raja.

Selanjutnya Cabang Tahfiz Qur’an untuk 1 juz putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan   Dolok Batu Nanggar,  Tapian Dolok,  Sidamanik.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan   Bandar,  Tanah Jawa,  Siantar. Tahfiz Qur’an untuk 5 Juz Putri juara II Kecamatan Tanah Jawa dan juara III Bosar Maligas. Tahfiz Qur’an untuk 20 Juz putra juara I Kecamatan Huta Bayuraja dan Juara II Kecamatan Bandar Masilam.
Cabang Fahmil Qur’an putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan   Tapian Dolok,  Hatonduhan,  Pem Bandar.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan   Sidamanik,  Pem Bandar,  Hatonduhan. Cabang Syarhil Qur’an putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Tapian Dolok,  Bandar,  Pane.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Jawa Maraja Bah Jambi,  Tapian Dolok,  Tanah Jawa.

Pada cabang Syarhil Qur’an putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Tapian Dolok, Bandar, Pane. Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Tapia Dolok, Tanah Jawa. Cabang Khattil Qur’an  golongan hiasan mushaf putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Gunung Maligas, Tanah Jawa,  Sidamanik.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Girsang Sipangan Bolon,  Gunung Malela,  Siantar.

Golongan Dekorasi putra juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Gunung Maligas,  Raya Kahean,  Panei.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Pane,  Gunung Maligas,  Gir. Sip. Bolon. Golongan Naskah putra Bosar Maligas,  Tapian Dolok,  Girsang Sipangan Bolon.  Putri juara I, II dan III berturut-turut yaitu Kecamatan  Bosar Maligas, Gunung Malela, Dolok Pardamean. Untuk Golongan konteporer putra siantar, sidamanik,  gunung malela.  Putri,  siantar,  tapian dolok,  gunung maligas (Erwin Sinulingga)
Share:
Komentar

Berita Terkini