KPU Nias Tetapkan Enoniu Jadi Paslon Perseorangan, Fa'adamai Gugur

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias, Sumatera Utara, menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi vaktual syarat dukungan bakal calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Tahun 2020, Kamis (20/8/2020).

Rapat tersebut dihadiri dua bakal pasangan calon perseorangan yakni Enanoi Dohare dan Yulius Lase (Enoniu), serta Faigiasa Bawamenewi dan Damai Jaya Mendrofa (Fa'adamai).

Berdasarkan rekapitulasi di Gedung Howu-howu, Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido itu, KPU Nias resmi menetapkan Enanoi Dohare dan Yulius Lase (Enoniu) sebagai pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias.

Ditemui dailysatu.com, Ketua KPU Nias, Firman Mendrofa menerangkan bahwa dari verifikasi vaktual yang dilakukan pihaknya pasangan Enoniu berhasil memperoleh 11008 syarat dukungan, sedangkan pasangan Fa'adamai 8261 syarat dukungan.
"KPU Nias menetapkan pasangan Enoniu sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan karena memenuhi syarat dukungan. Setelah penetapan ini, maka pasangan Enoniu dapat mendaftarkan diri ke kantor KPU Nias pada 4 s/d 6 September mendatang", kata Firman.

Tidak lupa Firman mengingatkan agar masing-masing pasangan calon baik yang diusung partai politik ataupun jalur perseorangan membawa berkas B1KWK, B11KWK, B12KWK, beserta lampirannya saat melakukan pendaftaran.

"Karena pasangan Fa'adamai hanya mendapatkan 8261 syarat dukungan dari 9350 yang telah ditentukan, maka tidak dapat mendaftar ke kantor KPU Nias", ujar Firman.

Ditempat yang sama, calon Bupati Nias perseorangan, Enanoi Dohare, mengatakan jika dia dan timnya optimis memenangkan pertarungan di Pilkada Kabupaten Nias dengan perolehan 60% dukungan masyarakat.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan masyarakat Nias. Penetapan hari ini tidak ada tanpa dukungan masyarakat. Kami berharap, agar masyarakat dapat terus mendukung kami hingga Desember mendatang", ucap Enanoi.

Disinggung kapan mendaftar ke KPU Nias, Enanoi menjawab pihaknya belum bisa memastikan.

"Kami bicarakan dulu dengan pak Yulius kapan waktunya mendaftar. Kalau soal optimis, saya pasti optimis memenangkan kontestasi politik ini", tandas Enanoi. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini