Bupati Dairi Kunjungi P4S Mindo Sianipar Di Cariu Bogor

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengunjungi Pusat Pelatihan Petani Pedesaan Swadaya (P4S) Komunitas Tumbuh Bersama pada, Minggu (2/8/2020) di Cariu Kabupaten Bogor.

Di pusat pelatihan tersebut yang dikelola oleh Anggota DPR RI Mindo Sianipar, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berkesempatan berkunjung ke Laboratorium Pertanian Mindo Sianipar untuk melihat ekosistem produksi pertanian terintegrasi yang nantinya diarapkan akan dapat diterapkan di Kabupaten Dairi untuk akselerasi perkembangan pertanian Dairi.

Pusat Pelatihan Petani Pedesaan Swadaya (P4S) Komunitas Tumbuh Bersama sendiri menerapkan Integrated Farming.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, dengan potensi daerah pertanian yang ada di kawasan Danau Toba, laboratorium ini menjadi suguhan yang sangat menarik perhatian.
“Kami berkeliling melihat lokasi 14 Ha yang disiapkan sebagai lokasi percontohan terintegrasi untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Mindo Sianipar yang merupakan Ketua DPP PDIP yang membidangi Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat menjelaskan kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa lokasi ini merupakan lokasi pertanian yang mengaplikasikan zero waste (tanpa sampah).

“Semua bisa dimanfaatkan, harus diupayakan itu, bagaimana masyarakat menanam jagung dan terintegrasi berkembang bisa menjual daging ternak, jual susu, jual telur,” pesan Mindo Sianipar kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Mendengar hal tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan konesp tersebut sangat brilian dan sangat bersemangat untuk dapat segera dapat diterapkan nantinya di Kabupaten Dairi.

“Saya siap ini fokus bantu Dairi, Bapak sudah mau sampai ke lokasi ini berarti serius untuk memajukan masyarakat dan mengembangkan pertanian di Dairi,” ujar Mindo Sianipar.
Turut hadir juga dalam pertemuan tersebut Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Indah Megawati. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengutarakan sangat bangga bisa belajar dari tokoh nasional legendaris seperti Mindo Sianipar serta mendapat banyak dari pengalaman dari bupati

“Dari bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pertanian, sampai bagaimna Dairi kedepan menjadi champion di Sumatera Utara sebagai Kabupaten dengan mayoritas penduduk petani,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Seperti diketahui, beragam paket teknologi pertanian tepat guna dihasilkan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Komunitas Tumbuh Bersama di Cariu, Kabupaten Bogor. Di lokasi ini, Mindo Sianipar merakit paket paket teknologi aplikatif untuk meningkatkan pendapatan petani diantaranya teknologi zero waste dan bio-economy berbasis tanaman padi, jagung, sorgum, ikan dan ternak. Hasil antara dan olahannya ada maggot untuk pakan, jamur, kompos, silika, asap cair dari sekam dan lain lain.

Saat ini P4S Komunitas Tumbuh Bersama yang dikelolanya sedang merakit teknologi budidaya ayam kampung petelur berlahan sempit bekerjasama dengan Kementerian Koperasi. Dia berharap paket teknologi ayam kampung petelur bisa diadopsi petani untuk meningkatkan pendapatan harian mereka.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini