Balon Walikota Medan Kolonel Purn. Datuk H Syaiful Azhar, Silaturahmi dengan Para Datuk Empat Suku Kesultanan Deli

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Kolonel Cku Purn Datuk H Syaiful Azhar SE. MAP sejak menedeklarasikan diri Bakal Calon (Balon) Walikota Medan pada Bulan Juli 2019 lalu, terus melaksanakan silaturahim ke berbagai lapisan masyarakat Kota Medan. Pria yang akrab disapa “Bang Datuk” telah mendatangi berbagai Pimpinan Parpol, Pimpinan Ormas Budaya, Ormas Kemasyarakatan, Ormas Kepemudaan maupun Para tokoh Medan dn Sumatera Utara.

Bukan itu saja, pria kelahiran Kampong Mangga Jalan Letjen S. Parman No. 253, Kelurahan Petisah Hulu, Kota Medan ini melaksanakan blusukan ke Pasar-Pasar dan komunitas Masyarakat Medan seperti dengan Organisasi Mahasiswa medan Kelompok Cipayung, Paguyuban masyarakat Jawa “Joko Tingkir” Kota Medan, Ormas Suku Karo, 17 Ormas Melayu maupun dengan Tokoh Sumut seperti Muhyan Tambusai, Dato’ Sri H. Syamsul Arifin.

Yang terakhir, “Bang Datuk” kembali melakukan pertemuan Silaturrahim dengan Para Datuk Empat Suku kesulthanan Deli yakni, Kepala Masyarakat Adat Urung Sepuluh Dua Kuta Datuq Adil Freddy Haberham, SE., Kepala Masyarakat Adat Urung Serbanyaman Datuq Syahlafati, Kepala Masyarakat Adat Urung Sukapiring Datuq Fauzi, dan Kepala Masyarakat Adat Urung Senembah Wan Fachrurozi, beberapa waktu lalu.

Menurut Bang Datuk yang juga asli Putra Melayu Deli, Ayah dari Kedatukan Petisah dan Ibu dari Kedatukan Sunggal, Pertemuan ini untuk lebih mempererat tali silaturrahim diantara Para Datuk dan membicarakan tentang perlunya membangkitkan kembali kekayaan budaya berdasarkan perjalanan sejarah dari masing-masing Urung.
Termasuk juga penggalian sejarah dan melestarikan peninggalan budaya masing-masing Urung Kedatukan, sehingga dapat menjadi pengetahuan bagi generasi muda khususnya puak melayu. Disamping itu, pertemuan itu juga dibicarakan membicarakan perlunya dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak lebih mendekatkan Kepala Masayarakat Adat dengan masyarakat di wilayahnya sehingga dengan menyatunya antara Para Datuq dengan masyarakat diwilayahnya diharapkan akan menjadi kekuatan yang potensial dalam turut serta berpartisipasi membangun Kota Medan yang dulu bernama “Deli”.

Berbagai ide dan gagasan program untuk membangkitkan kembali kekayaan budaya dari masing-masing Urung yang disampaikan oleh Kolonel Cku Purn Datuk H. Syaiful Azhar SE. MAP dalam pertemuan tersebut mendapat apresiasi yang cukup antusias dari Para Datuq dan turut memberikan berbagai saran masukan. Menurut Kepala Masyarakat Adat Urung Sepuluh Dua Kuta Datuq Adil Freddy Haberham, SE.

“Berbagai ide yang dibicarakan perlu diuraikan lagi menjadi berbagai program kegiatan yang utamanya disamping membangkitkan rasa bangga masyarakat Deli terhadap Budaya daerahnya juga dampaknya dapat meningkatkan nilai ekonomi diwilayah tempat berlangsungnya setiap kegiatan,” kata Bang Datuk.

Sementara Kepala Masyarakat Adat Urung Serbanyaman Datuk Syahlafati, dan Kepala Masyarakat Adat Urung Senembah Wan Fachrurozi menyampaikankan segera menginventarisir berbagai peninggalan sejarah dan Budaya dimasing-masing wilayahnya dan akan mempublikasikannya kepada generasi muda melalui Medsos dalam upaya mebangkitkan lagi kecintaan kepada Budaya leluhurnya serta akan melaksanakan kegiatan workshop yang berisi materi tentang peningkatan ketrampilan dalam olah seni Budaya Melayu.

Sedangkan Kepala Masyarakat Adat Urung Sukapiring Datuq Fauzi menyarankan perlunya menata kembali organisasi di masing-masing Urung Kedatukan sesuai Garis organisasi yang termaktub dalam Sistem Organisasi Kedatuqan. Dengan adanya Organisasi ini akan dapat lebih fokus dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan kecintaan pada Budaya Melayu dan meningkatkan kesejahteraan Puak Melayu.

Diakhir pertemuam Para Datuq/Wan Kepala Masyarakat Adat Urung tak lupa juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Cku Purn Datuk H Syaiful Azhar S.E. M.A.P yang juga Bakal Calon Walikota Medan ini dengan perolehan Elektabilitas dukungan masyarakat Medan dengan Persentase Kedua terbesar setelah Petahana berdasarkan Hasil Polling salah Satu Media Kota Medan baru-baru ini dan mendoakan agar Bang Datuk dapat diusung oleh Parpol untuk bisa menjadi Calon Walikota atau Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Medan.(Ril)
Share:
Komentar

Berita Terkini