ASN Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kantor BKD Taput Ditutup Sementara

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - BN, warga Tapanuli Utara (Taput), yang juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Taput, terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan pengambilan usap tenggorokan (Swab).

Melalui siaran pers juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput, Indra Sahat Simaremare, yang diterima Jumat (28/08/2020), menyatakan hasil penyelidikan epidemiologi ditemukannya satu orang warga Taput inisial BN terkonfirmasi positif covid-19.

Dijelaskan Indra Simaremare yang juga Sekda Taput, pada tanggal 18 Agustus 2020, BN berangkat ke Medan, Sumatera Utara, bersama temannya satu orang untuk melaksanakan tugas Kedinasan.

Mereka kembali tanggal 20 Agustus 2020. Setibanya di Taput, BN mengalami gejala batuk dan demam, lalu mengkonsumsi obat penurun demam. Tanggal 21 Agustus 2020 pada pagi hari, gejala batuk, demam dan pusing reda, namun pada malam harinya gejala tersebut  dirasakan kembali. 

Sehingga pada tanggal 25 Agustus 2020, dilakukan pengambilan usap tenggorokan (Swab) di puskesmas. Karena naik turun gejala tersebut, sample swab dikirimkan ke Rumah Sakit Umum Tarutung dan hasilnya tes swab dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 26 Agustus 2020. 

Lanjut Indra Simaremare, karena BN telah berinteraksi dengan keluarga, maka pada tanggal 26 Agustus 2020 dilakukan pengambilan sample Swab terhadap istri dan kedua anaknya. Hasil swab istrinya inisial LS juga dinyatakan positif Covid-19. Sementara kedua anaknya negatif.

Selanjutnya, teman satu  perjalanan BN, yaitu inisial BEH tidak mengalami gejala namun dilakukan pengambilan sample Swab pada tanggal 26 Agustus 2020 dan juga dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal  27 Agustus 2020. Kemudian Istri dari BEH, telah dilakukan pengambilan sample Swab pada tangal 27 Agustus 2020 dan hasilnya belum keluar. 

Untuk tempat tugas BN, BEH dan LS, telah dilakukan tracing kepada 179 orang. Hasilnya ditemukan 4 orang reaktif dan telah dilakukan pengambilan swab untuk selanjutnya dianalisis di laboratorium TCM RSU Tarutung. 

"Saat ini BN, BEH dan LS telah dirawat di RSU Tarutung," ujar Indra Simaremare.

Untuk sementara, pelayanan di Kantor BKD Taput ditutup mulai tanggal 27 Agustus hingga 03 September 2020.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan selalu menggunakan masker ketika keluar dari rumah. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini