Anggaran Jembatan Titi Dua Sicanang Rp 14,2 M

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Kepala Dinas PU Kota Medan, Zulfansyah Ali Syahputra mengatakan, alokasi anggaran pembangunan jembatan Titi Dua Sicanang berjumlah Rp 14,2 miliar.
Jumlah tersebut naik sedikit dibamdingkan dengam anggaran sebelumnya.

"Sesuai perencanaan pembangunan memakan waktu 5 bulan dengan nilai kontrak Rp 14,2 miliar," ujar Zulfansyah saat mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution meninjau jembatan tersebut, Selasa (25/8/2020).

Ia mengatakan kontraktor yang mengerjakan pembangunan jembatan Titi Dua Sicanang merupakan kontraktor berpengalaman. Selain itu, design pembangunan juga dilakukan perubahan agar pondasi bisa tahan dari terjangan air laut baik ketika pasang maupun surut.

"Saat ini masih tahap pengerjaan sheet pile (selimut pondasi), semacam pengaman dari pondasi jembatan supaya air laut tidak langsung mengempas pondasi," ungkapnya.

Menurutnya, jembatan lama Titi Dua Sicanang tetap akan dipergunakan seperti biasa apabila jembatan yang baru telah rampung dibangun.
Bahkan, dalam kurun waktu satu atau dua tahun kedepan jembatan saat ini juga akan diperbaiki.

"Mungkin satu atau dua tahun lagi akan kita perbaiki, dibuat semacam jembatan kembar," bebernya.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, memastikan perencanaan dan design pembangunan jembatan Titi Dua Sicanang saat ini lebih baik dari sebelumnya.

Dua tahun lalu pembangunan jembatan Titi Dua Sicanang yang telah dilaksanakan tidak dapat dirampungkan. Sebab, ditengah jalan pondasi jembatan rubuh.
"Perencanaan lebih baik, pelaksanaan dan hasilnya kita harapkan bisa lebih baik," ujar Akhyar

Untuk memastikan pekerjaan sesuai rencana, Akhyar secara berkesinambungan akan melakukan pengecekan.

Menurutnya, tiang pondasi yang tertanam didasar laut akan diberikan pelindung agar tidak rubuh ketika diterpa air pasang maunpun air surut.

"Sheet Pile ini tetap dibutuhkan, akan digunakan untuk pengamanan pondasi, karena arus pasang surut deras, supaya tidak tergerus," ungkapnya. (ds/lilik)
Share:
Komentar

Berita Terkini