AMPI Pulo Brayan Darat II Medan Timur Gelar Khitanan Massal

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

 

dailysatu.com- Bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat yang terdampak pandemi virus covid-19 atau corona, Rayon Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Medan Timur melalui AMPI Kelurahan Pulau Brayan Darat II menggelar Pengabdian kepada masyarakat dengan menggelar khitanan massal yang digelar bekerjasama dengan Klinik Nahos Medica 24 jam, Sabtu 8 Agustus 2020.

Dalam acara khitanan massal tersebut sebanyak 16 anak yang berdomisili di wilayah kerja Rayon AMPI Medan Timur khususnya daerah Jemadi Kelurahan Pulau Brayan Darat II tampak antusias mengikuti kegiatan yang merupakan program kerja AMPI Medan Timur. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan virus corona. 

Plt Ketua AMPI Medan Timur, Alexander P. Marpaung menyebutkan kegiatan khitanan massal di tengah pandemi Covid-19, guna meringankan beban warga miskin yang terdampak pandemi Covid 19.
Kegiatan ini adalah pengabdian AMPI kepada masyarakat, dan merupakan arahan Ketua DPD AMPI Sumut David Luther Lubis kepada seluruh DPD AMPI tingkat II sebagai bagian kepedulian atas dampak pandemi covid 19. 

 

Selanjutnya,lanjutnya, Ketua DPD AMPI Medan Mulia Asri Rambe yang kerap disapa Bayek pun mengeluarkan instruksi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat dalam menghadapai Pandemi Covid 19. Salah satu Kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Medan Timur dilaksanakan dalam sunat massal.

Diharapkannya, melalui kegiatan ini, dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 dapat membantu para orangtua untuk melakukan khitan bagi anak lelakinya yang merupakan suatu kewajiban dalam ajaran Islam. Selain agar anak-anak dapat tumbuh sehat melahirkan generasi yang sehat untuk masa depan.

“Khitanan itu adalah kewajiban bagi laki-laki dalam ajaran Islam, dan kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari pengabdian AMPI dan wujud kepedulian saling berbagi untuk masyarakat Medan khusus Kelurahan Pulau Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur yang membutuhkan‎,“ tegasnya yang didampingi Sekretaris AMPI Medan Timur Erwin Lintang.

Dalam kesempatan itu, Alex menyebutkan kegiatan khitanan massal tersebut bagian dari semangat menyambut HUT RI ke-75. 



"Selain itu, kedepan juga akan dilakukan kegiatan pencegahan stunting pada ibu-ibu hamil oleh AMPI Medan Timur yang akan di laksanakan di kelurahan Pulo Brayan Bengkel. Bentuk kegiatan adalah pemberian nutrisi dan suplemen kepada ibu-ibu hamil”,sebutnya sembari mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang ikut mensukseskan kegiatan khitanan massal yang digelar sesuai protokol kesehatan. 

Dalam sambutan Ketua DPD AMPI Medan, Mulia Asri Rambe diwakilkan oleh Wakil Ketua AMPI kota Medan Juwari SE menyampaikan rasa optimis Medan Timur dibawah kepemimpinan Bung Alex Marpaung. Geliat karya nyata AMPI Medan Timur sudah nampak jelas. 
 
“Kita optimis kepada Bung Alex Marpaung, beliau sudah berpengalaman dalam jabatan sebagai wakil ketua DPD AMPI Sumut yang juga Kordinator Daerah AMPI Kota Pematang siantar, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Toba Samosir. Beliau berhasil konsolidasi di tiga DPD AMPI kabupaten kota tersebut, dan daerah itu berkembang sangat baik hingga saat ini. Jadi Medan Timur sudah pasti maju dan bangkit, kita yakin itu.” tambahnya.



Juwari menyampaikan pesan Ketua DPD AMPI Medan agar Medan timur terus berbuat Nyata kepada masyarakat, dan bangga dengan karya nyata AMPI Pulo Brayan Darat 2 dibawah konsolidasi AMPI Kecamatan Medan Timur.

Sementara dalam arahan Ketua DPD AMPI Sumut, David Luther Lubis yang diwakili Wakil Ketua AMPI Sumut Robby , yang juga sebagai Kordinator Daerah AMPI Kota Medan bangga dengan kegiatan yang digelar AMPI Medan Timur melalui AMPI Kelurahan Pulau Brayan Darat-II. 
 
“Perjalanan menuju lokasi ini, dari kejauhan saya sudah merasa haru dan bangga melihat meriahnya lokasi. Ini warna baru untuk AMPI Medan Timur. Kita semua percaya kepada seluruh pengurus kelurahan hingga Kecamatan Medan timur, khusunya kepada kepemimpinan bung Alex bahwa Medan timur akan menjadi salah satu barometer perjuangan karya nyata," tambahnya.

“Kegiatan ini harus menjadi Inspirasi bagi seluruh jajaran kepengurusan sewilayah Kota Medan. AMPI harus hadir ditengah masyarakat khusus dalam situasi seperti Pandemi ini,"imbuhnya.

Terpisah Sekjen AMPI Sumut, Swandi Napitupulu mengatakan selain menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam, khitanan ini juga memiliki dampak yang cukup baik bagi kesehatan dan kegiatan itu merupakan salah satu wujud dari upaya penyiapan generasi yang handal dan berkualitas, sehat jasmani dan rohani. 

“Khitan bagi anak terutama lelaki itu suatu kewajiban bagi umat Islam. Ini merupakan kegiatan cemerlang untuk menjalin tali asih dan mempererat persaudaraan dan semoga anak-anak ini nanti menjadi anak yang sehat dan soleh,“ tutupnya, yang diaminkan oleh Sekjend AMPI Kota Medan yang hadir bersamanya. 
 
Usai acara pembukaan segenap kader AMPI, undangan dan keluarga yang akan menunaikan sunat massal bergerak menuju Klinik Nahos Medica di jalan bukit Barisan I Gang Kelabu Medan, tempat pelaksanaan sunat massal tersebut. 
 
Di lokasi tampak protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat dari penggunaan masker, cuci tangan hingga jarak berkumpul.
Ibu Jaidar, orang tua dari Riski Setiawan anak peserta sunat massal merasa sangat terharu atas kegiatan yang dilaksanakan. 

“Kami ikhlas nanti anak-anak ini menjadi anggota AMPI, AMPI lah yang terbuktinsaat susah seperti ini mau membantu kami” ujarnya dengan sorotmata tulus .

Raja Narazen orang tua dari Wines juga mengapresiasi acara tersebut dan berharap AMPI sukses dan Jaya. AMPI diketahui memang selalu berbuat postif ditengah masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih, memang covid ini mengganggu perekonomian kami dan AMPI membantu beban itu. Kami bangga kepada AMPI,"imbuhnya. 

Dr. Lastri Butarbutar pimpinan Klinik Nahos Medica mengutarakan rasa tulus dan ikhlas bekerjasama dalam melaksanakan pengabdian masyarakat melalui sunat massal ini, karena diketahuinya bahwa AMPI memang buah hati masyarakat dan AMPI adalah kelompok pemuda dengan karya-karya positif. 

“ Saya yakinkan bilamana ada kader AMPI yang berobat, konsultasi kesehatan, pemeriksaan laborarorium, kehamilan, partus, observasi kesehatan dan semua tindakan medis akan diberi prioritas bantuan biaya murah. kita ikhlas melalui AMPI, dan bilamana ada masyarakat yang direkomendasikan AMPI untuk dilayani di Klinik Nahos Medica akan kita perlakukan dengan prioritas yang sama, karena kita percaya AMPI itu Pemuda yang Jaya akhlak dan Jaya tujuan, amin...” ungkapnya dengan penuh kebanggan. 
 
Saat tepung tawar kepada anak-anak peserta sunat massal tersebut tampak hadir Ketua AMPI Kelurahan Pulau Brayan Darat-II, Doddi Sukmana, Sekjen Romy Siregar dan segenap pengurus AMPI Kelurahan Pulo Brayan Darat II. Hadir juga jajaran Pengurus DPD AMPI Sumut Akmaluddin Siagian (Kotenk), Rahim Harahap, Hendra, Kordinator Pasukan Khusus ( Pasus) AMPI SUMUT Ono Malang beserta barisan Pasukan khusus AMPI SUMUT. Gabriel Nainggolan, Dodi Siregar, Ketua Satma Sumut Midun Harahap beserta jajaran pengurus Satuan Mahasiswa AMPI Sumut.

Jajaran pengurus AMPI Kota Medan tampak antusias berhadir bersama pengurus-pengurus Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Medan. Ketua Satgas AMPI kota Medan, Sarihot siregar bersama barisan Satgas AMPI Kota Medan dan Satgas AMPI Medan Timur yang di ketuai Jojo Pasaribu dan Sekjend Luther beserta bendahara Hendrik dan barisan Satgas AMPI Medan Timur bersemangat menjaga perjalanan acara.

Usai Acara Khitanan anak-anak diberi bingkisan kain sarung, Peci dan pengganti membelu susu dan kontrol berobat, yang langsung diserahkan oleh Ketua AMPI kelurahan Pulo Brayan Darat II Doddy Sukmana didampingi seluruh kader AMPI yang berhadir.

Di penutupan acara Plt.Ketua AMPI Medan Timur Alexander P. Marpaung menyampaikan kebanggan tertinggi atas semangat dan pengorbanan seluruh pengurus AMPI Kelurahan Pulo Brayan Darat II yang di komandoi Ketua Dodi Sukmana karena suksesnya penyelenggaraan acara ditengah keterbatasan Pandemi Covid 19.(ds/romisyah/rel)
Share:
Komentar

Berita Terkini