23 Jemaat Bethany Pasar Ya'ahowu Gunungsitoli Reaktif Covid-19

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com - Sebanyak 23 orang Jemaat Gereja Bethany di Kota Gunungsitoli, dinyatakan reaktif usai mengikuti Rapid Test massal gratis yang digelar Puskesmas Gunungsitoli, Sabtu (22/8/2020).

Tidak hanya itu, Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 (GTPP) Kota Gunungsitoli juga mencatat ada dua masyarakat lainnya dinyatakan reaktif di hari dan tempat yang sama.

Jika ditotalkan, maka ada sekitar 25 orang dinyatakan reaktif Covid-19 setelah mengikuti Rapid Test massal gratis di Puskesmas yang terletak di Desa Hilina'a, Kecamatan Gunungsitoli tersebut.

Demikian disampaikan Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Gunungsitoli, Onahia Telaumbanua, melalui sambungan telephone selularnya, Sabtu (22/8/2020).

Menurut Onahia, Rapid Test massal sebagai tindaklanjut dari tracking yang dilakukan Dinas Kesehatan terhadap orang, kerabat, keluarga, ataupun masyarakat yang mempunyai kontak erat dengan pasien SZ.

"Hasilnya cukup mengejutkan, karena Rapid Test 23 orang jemaat Gereja Bethany Pasar Ya'ahowu Gunungsitoli serta dua orang masyarakat dinyatakan reaktif Covid-19", kata Onahia.

Onahia menerangkan, rencananya ke 25 orang tersebut akan mengikuti pengambilan spesimen Swab Tes Molekuler Cepat (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli.

"Mengingat ruangan pemeriksaan di RSUD Gunungsitoli terbatas, maka pengambilan spesimen Swab TCM dilakukan dalam dua gelombang yakni pada hari Senin (24/8/2020) dan Rabu (26/8/2020)", ujar Onahia.

Untuk diketahui, SZ (48), merupakan seorang pelayan di Gereja Bethany Pasar Ya'ahowu Gunungsitoli. Dia dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti dua kali Swab TCM di RSUD Gunungsitoli.

Saat ini SZ telah dibawa petugas Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli ke tempat isolasi (Hotel Cesar) di Desa Luaha Laraga, Kecamatan Gunungsitoli, untuk menjalani masa isolasi 14 hari.

Berdasarkan informasi diterima dailysatu.com, SZ merupakan warga Desa Botombawo, Kecamatan Sitolu Ori, Kabupaten Nias Utara, yang selama ini berdomisili di Jalan Pelita Damai, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini