Turun Langsung, Camat Batara Pantau Pemberian BLT Dana Desa Tahap Ketiga di Purbatua

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com –
Camat Barus Utara (Batara), Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng),  German Sitompul , S.AP, M.AP memantau secara langsung pemberian proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD)  kepada sejumlah masyarakat yang telah terdata sesuai dengan kriteria yang ditentukan pemerintah.

Penyaluran BLT DD Tahap ketiga yang di pantau langsung Camat Batara di Desa Purbatua yang dilaksanakan di SDN 153050 Purbatua 1 Desa Purbatua, Kecamatan Batara, Kabupaten Tapteng,Sumut, Selasa (28/07/2020) pukul 10.00 Wib.

Pada hari ini, pemberian BLT tersebut dilakukan di dua desa, yaitu Desa Pananggahan, dan Desa Purbatua. Masing-masing Kepala Desa,Babinsa,Bhabinkamtibmas beserta perangkat Desa turut hadir dalam proses penyerahan BLT kepada masyarakat  dan secara simbolis  oleh Camat  Batara secara langsung.

“ Hari ini saya turun langsung memberikan BLT DD di dua desa , secara simbolis saya sendiri memberikan BLT Pembagian Dana Desa kepada penerima manfaat yang sesuai dengan kriteria hasil pendataan,”kata German Sitompul, Selasa (28/07/2020).

Penyaluran bantuan kepada masyarakat, sambungnya, untuk memastikan pembagian penyaluran BLT DD Tahun Anggaran 2020 tahap ketiga ini berjalan dengan optimal.  Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Camat Batara turun langsung memantau proses penyaluran BLT DD untuk memastikan BLT disalurkan dengan benar dan tepat sasaran.

“Saya turun langsung untuk memastikan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa berjalan Dengan benar dan tepat sasaran,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Camat Batara mengungkapkan, bahwa BLT DD ini disalurkan kepada masyarakat yang berada dalam kondisi sulit dan benar-benar membutuhkan. Pasalnya, Covid-19 memberi dampak negativ  terhadap perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Sehingga perlu ditegaskan lagi siapa yang diprioritaskan.

“Saya akui bahwa pandemi  Covid-19 ini mengakibatkanseluruh masyarakat terkena dampaknya, untuk itu pihak desa harus mampu memprioritaskan yang benar-benar terkena dampak dan masyarakat yang benar-benar kesulitan,”beber Camat Batara.

Kepada masyarakat penerima manfaat BLT DD, Camat Batara mengingatkan untuk menggunakan BLT tersebut dengan baik dan benar. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa BLT yang diterima itu sebesar Rp.600.000/KK (kepala Keluarga) dan tidak ada pemotongan sedikitpun dari pihak manapun.

“Setiap KK dari penerima manfaat ini menerima uang tunai Rp.600.000, dan tidak ada pemotongan sepeserpun,  jadi tolong agar ibu dan bapak penerima bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,”harap German Sitompul.

Dalam kesempatan itu juga, ia menghimbau kepada para keluarga penerima manfaat BLT DD untuk tetap menjaga kesehatan,mencuci  tangan, menggunakan masker, menerapkan social distancing seperti  yang dianjurkan oleh pemerintah demi terputusnya mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah ini khususnya di Kecamatan Batara ini.

Kepala Desa Purbatua, Ramlan Sinaga mengatakan, jumlah penerima BLT DD tahap ketiga ini sama dengan jumlah tahap pertama dan kedua sebanyak 74 KK dengan menerima uang tunai RP.600.000/KK. BLT DD ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

“Penerima BLT DD ini diluar dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Setiap penerima dari BLT DD tahap ke tiga ini sama dengan jumlah yang diterima dari tahap pertama dan kedua sebesar Rp.600.000/KK. BLT DD ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020,”tegas Ramlan Sinaga.

Hadir dalam penyaluran BLT DD tahap ke tiga tersebut, BPD, Parlin Sinabutar, Camat Batara, German Sitompul, S.AP, M.AP, Kepala Desa, Ramlan Sinaga, Mewakili Danramil 01 Barus, Babinsa wilayah Kecamatan Batara, Sertu  H. Simbolon, Mewakili Polsek Barus, Bhabinkamtibmas, Aipda Tengku H.T, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Hazhar Pasaribu, Pendamping Lokal Desa (PLD), Liliani Simanullang, Lilian Sinaga, Sekdes, Masrul Simatupang, Bendahara Desa, Lamsar Sinaga, para Kepala dusun dan warga penerima BLT DD tahap ke tiga Tahun Anggaran 2020. (ds/Allin)
Share:
Komentar

Berita Terkini