Setelah Divalidasi, Pelaku UMKM Gunungsitoli Barat Masuk ODS

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dipastikan masuk ke sistem Aplikasi Online Data (ODS) Kementrian Koperasi-UKM RI.

Masuknya identitas pelaku UMKM ke sistem aplikasi ODS sebagai bentuk dari upaya Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam mengembangkan UMKM di Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Demikian disampaikan Kabid Koperasi dan UKM pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Sozawato Nazara, kepada dailysatu.com, Rabu (22/7/2020).

Menurut dia, sebelum dimasukkan ke sistem aplikasi ODS pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan dengan cara turun kelapangan.
"Setelah didata tidak dimasukan langsung ke ODS. Karena kami masih melakukan validasi ulang supaya mendapatkan hasil yang signifikan", kata Sozawato.

Sozawato menjelaskan, tujuan lain dari pendataan adalah untuk melihat secara berkala pertumbuhan dan penurunan UMKM di Kota Gunungsitoli.

"Sesuai amanat UU 20 Tahun 2008 tentang UMKM, Pemerintah Kota Gunungsitoli berkewajiban mengembangkan UMKM. Oleh karena itu, pendataan merupakan langkah awal dari pengembangan tersebut", ujar Sozawato. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini