Pemkab Dairi Cek Kesiapan Proyek Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Desa Karing

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Dalam rangka persiapan serah terima Bangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing, yang berlokasi di Desa Karing, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi bersumber dari dana Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 pada area ± 1 Ha dengan kapasitas IPLT produksi sebesar 10 M³/hari.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia Bapak Syafriel Tansier, ST, MT beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dairi yang diterima langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah Kabupaten Dairi, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi dan Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Kabupaten Dairi bertempat di Rumah Dinas Bupati Dairi yang selanjutnya secara bersama-sama melakukan kunjungan lapangan ke Bangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing.
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan, terima kasih atas bantuan Pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing oleh Satuan Kerja (Satker) Penyehatan Lingkungan Permukiman Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang berubah nama menjadi Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dan Bupati Dairi mengharapkan bantuan lainnya di Kabupaten Dairi antara lain segera terlaksananya Pembangunan TPA Bintang Tahun 2020, Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tahun 2021, Bedah Rumah Tak Layak Huni Jadi Homestay dan pembangunan sarana prasarana lainnya dilokasi yang menjadi objek wisata di Kabupaten Dairi untuk mampu menarik para wisatawan datang berkunjung dengan rasa aman dan nyaman.

“Sarana dan prasarana sudah dibangun, sekarang tinggal bagaimana kita belajar untuk menjalankan sarana ini untuk dapat bermanfaat kepada masyarakat,” ujar beliau.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga tidak lupa menyampaikan permohonan kepada Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara untuk diberikan bantuan kendaraan pengangkutan tinja dan sarana-sarana lain untuk menunjang kinerja Kabupaten Dairi sebagai bagian dari kawasan strategis pariwisata Danau Toba untuk menyongsong new normal dan datangnya wisatawan domestik dan mancanegara.
Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia Bapak Syafriel Tansier, ST, MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini hanya serah terima pengelolaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing sedangkan penyerahan asset akan dilaksanakan secara simbolik di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia di Jakarta bersamaan dengan bangunan lain di Indonesia, disampaikan juga bahwa Pembangunan TPA Bintang saat ini sedang dalam proses tender dan direncanakan pembangunannya akan dimulai pada awal bulan Agustus.

Saat kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyaksikan uji fungsi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) dan penjelasan setiap tahapan proses pengolahannya dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia hingga menghasilkan kompos.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengharapkan, sebelum dilakukan serah terima Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karing dapat dipastikan berfungsi secara maksimal dan dilakukan pelatihan kepada personil yang akan mengelola IPLT.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini