Pemkab Dairi Bagikan Bantuan Pupuk Organik Tanaman Kelapa Genjah Pandan Wangi Dari Provinsi Sumut

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membagikan bantuan pupuk organik tanaman kelapa genjah varietas pandan wangi kepada kelompok tani yang ada di Desa Kentara dan Desa Sempung Polling, Kecamatan Lae Parira pada, Jumat (17/7/2020).

Pembagian bibit tersebut dilaksanakan di kantor Kepala Desa Kentara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Ir. Efendi Berutu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Drs. Junihardi Siregar, M.M, Kepala Seksi Pengawas Pengembangan Usaha Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Lismawati S.Pt, M.Si, Camat Lae Parira Nelson Saragih serta Kepala Desa se-Kecamatan Lae Parira.

“Mari kita buktikan pilihan itu tidak salah, dipercayakan kepada kita marilah kita tunaikan kepercayaan ini,” ujar Beliau.

Untuk ke depan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan penentuan harga untuk kelapa tersebut harus mulai dipikirkan dimana harganya harus lebih bagus dari pada jenis buah kelapa yang lainnya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi para petani.
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, mensejahterakan para petani di Kabupaten Dairi tertuang juga dalam visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi, karena Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan jika seluruh petani di Kabupaten Dairi bisa sejahtera, maka seluruh masyarakat Kabupaten Dairi juga akan ikut sejahtera.

“Keinginan sejahtera itu juga harus datang dari diri para bapak ibu petani, kami dari pemerintah akan selalu berupaya untuk membantu apa yang menjadi keinginan ataupun kebutuhan para bapak ibu petani,” jelas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi, Beliau menginstruksikan agar dapat mencari cara bagaimana agar semangat dalam bertani sehingga produksi pertanian para petani dapat menjadi lebih meningkat.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sangat yakin para petani di Kabupaten Dairi dapat menghasilkan produksi pertanian dengan baik, namun terkendala di bagian pemasaran sehingga hal itu yang akan menjadi perhatian dari pemerintah untuk membantu proses pemasaran produk tersebut.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengawas Pengembangan Usaha Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mengatakan untuk tahap awal sebelum bibit kelapa genjah varietas pandan wangi dibagi, pupuk organik ini harus diterapkan terlebih dahulu. Untuk bibit kelapanya, Ia menuturkan akan mengupayakan secepatnya jika proses dapat berjalan dengan baik bibit kelapa akan sampai di Kabupaten Dairi pada bulan Agustus 2020.
“Semoga bantuan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara ini bisa meningkatkan ekonomi peteni kita. Itulah yang menjadi tujuan kita apalagi ditengah pendemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam laporannya mengatakan untuk penerima bantuan pupuk organik tersebut terdapat 2 desa, yakni Desa Kentara dan Desa Sempung Polling dengan jumlah penerima sebanyak 40 KK.

“Yang akan diberikan hari ini adalah pupuk organik yang jumlahnya sebanyak 1 ton dan bibit akan diserahkan pertengahan bulan Agustus. Oleh karena itu, pupuk organik ini sebagai pupuk dasar agar benar-benar dipergunakan dengan baik, ketika nanti bibitnya akan ditanam, pupuk organiknya sudah ada sehingga kita harapkan keberhasilan akan tanaman kelapa ini dapat kita rasakan hasilnya,” ujar Kepala Dinas.

Untuk jumlah tanaman kelapa yang ada di Kecamatan Lae Parira, Ia katakan terdapat sebanyak 5.000 batang dengan luas diperkirakan 50 hektar. Untuk jumlah produksi Ia katakan bisa mencapai 600 kg per tahun setiap hektar dengan jumlah petani kelapa sebanyak 215 orang.

“Kami sangat terharu Pak, Bapak Bupati Dairi langsung memberikan bantuan kepada kelompok tani. Kami sangat bangga Pak Bupati, semoga ke depan kami para petani ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi,” ucapnya dengan rasa haru.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini