Forkopimka Gelar Sosialisasi Karhutla

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks foto : Camat Manduamas, Sahala Sihotang,SH.MAP (berdiri), Sekcam Manduamas, Romulus Simanullang, Kapolsek Manduamas, Iptu Kuson Butar-butar, Babinsa Kopda Ruswandi.
dailysatu.com- Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Manduamas laksanakan Sosialisasi Karhutla yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara (Sumut), Senin (06/07/2020) Pukul 10.30 WIB.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Camat Manduamas, Sahala Sihotang, SH.MAP, Sekcam Manduamas, Romulus Simanullang, Kapolsek Manduamas, Iptu Kuson Butar-butar,Danramil 01 Barus yang diwakili oleh Babinsa Kecamatan Manduamas, Kopda Ruswandi, Kanit Intelkam Polsek Manduamas, Ipda AP.Limbong, Lurah/Kades se Kecamatan Manduamas.

Camat Manduamas dalam kesempatan itu mengatakan, tujuan kita berkumpul disini untuk mengadakan sosialisasi dari pihak Polsek Manduamas tentang Karhutla. Untuk itu nanti  dari pihak Polsek Manduamas langsung memberikan himbauan ataupun materi pada kita.
Teks foto : Kanit Intelkam Polsek Manduamas, Ipda AP.Limbong bersama dengan Para Lurah/Kades se Kecamatan Manduamas.
“Kita semua, termasuk Lurah dan Kepala Desa harus ikut bertanggung Jawab dan berperan dalam mengatasi Karhutla dengan cara menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,”sebut Camat Manduamas.

Disini juga perlu diberitahukan kepada Lurah dan Kepala Desa supaya mempedomani Surat Edaran Bupati Tapanuli Tengah tentang Pemberlakuan Protokoler Kesehatan. Jadi untuk itu kepada Lurah dan Kades untuk menghimbau masyarakatnya untuk mematuhi Protokoler kesehatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Kita juga harus ikut melakukan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi Protokoler kesehatan. Lurah dan kades harus melarang dan melapor kepada pihak Kepolisian bila mana di daerahnya ada peredaran narkoba, tempat hiburan malam/penjual miras dan tempat permainan judi,”ungkap Sahala Sihotang, SH. MAP.

Sementara Kapolsek Manduamas, Iptu Kuson Butar-butar menyampaikan, agar kita mematuhi Protokoler Kesehatan sesuai anjuran Presiden Jokowi dengan cara, jaga jarak, rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga kesehatan dan kita jangan menganggap remeh terhadap Virus Covid-19.

“Kami tidak akan melayani masyarakat apabila tidak pakai masker,”kata Kapolsek Manduamas.

Lanjut Kapolsek Manduamas, Kita memaklumi dan menyadari bahwa masyarakat di daerah kita ini 80 % adalah masyarakat petani yang harus mengolah lahannya untuk lahan pertanian, namun sesuai peraturan dari Pemerintah dan sesuai dengan Undang-undang terkait Karhutla, bahwa kita dengan tegas dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan da nada sanksi Pidananya bagi pelaku Karhutla.
Karena setiap ada Karhutla akan terdeteksi Aplikasi Hotspot melalui satelit dan Polri harus memadamkannya dan melaporkannya melalui Aplikasi Lancang Kuning.


Terimakasih kami ucapkan atas partisipasi Kepala Desa dan aparatnya yang telah turut serta dalam upaya pencegahan dan pemadaman pada saat terjadinya Karhutla.

“Dimohon Kepada Lurah/Kades untuk melarang dan melapor kepada pihak Kepolisian apabila mengetahui adanya peredaran Narkoba dan permainan judi di Wilayah Hukum Polsek Manduamas dan ikut menghimbau warganya untuk mematuhi protokoler Kesehatan dan apabila datang ke Mapolsek Manduamas harus memakai masker dan cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan di depan Mapolsek.

Kanit Intelkam Polsek Manduamas pada kesempatan itu juga mengatakan, agar kita semua bekerjasama dalam menangani masalah karhutla  di daerah kita masing-masing, agar maslah Karhutla dapat kita atasi bersama-sama. Kiranya Lurah dan Kades turut berperan serta dalam menghimbau masyarakatnya yang memiliki lahan.

“Dimohon kepada para Lurah dan Kades agar tidak bosan-bosannya memberitahukan kepada warganya untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Kita sama-sama menjalankan peraturan dan himbauan pemerintah terkait pelarangan Karhutla agar Karhutla dapat diatasi di Daerah kita,”pinta Kanit Intelkam Polsek Manduamas, Ipda AP. Limbong. (ds/Allin)
Share:
Komentar

Berita Terkini