Disperdagrin Gunungsitoli Mendata Pelaku UMKM

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagrin) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, melakukan pendataan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Namun pendataan itu dilakukan hanya terhadap pelaku UMKM di tingkat Kecamatan dan Desa.

Demikian disampaikan Kabid Koperasi dan UKM pada Disperdagrin Kota Gunungsitoli, Sozawato Nazara S.Kom, diruang kerjanya, Senin (20/7/2020).

Dia menerangkan, kegiatan itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendataan Aplikasi Online Data Sistem (ODS) Tahun 2020 di Kementerian Koperasi-UKM RI.

"Sekaligus melihat populasi pertumbuhan dan penurunan UMKM di Kota Gunungsitoli. Karena tidak tertutup kemungkinan, setiap tahunnya ada UMKM berkembang dan yang gulung tikar", kata Sozawato.

Sozawato menambahkan, bahwa sesuai amanat UU 20 Tahun 2008 tentang UMKM maka Pemerintah Kota Gunungsitoli berkewajiban memberdayakan dan mengembangkan UMKM di wilayahnya.

"Untuk itu, pendataan ini merupakan tahapan awal dari upaya pemerintah dalam memberdayakan dan mengembangkan UMKM tersebut", ujar Sozawato.

Diakhir keterangannya, Sozawato mengatakan jika pendataan akan terus dilakukan hingga Oktober 2020 mendatang.

"Sebenarnya pendataan sudah terlambat akibat pandemi Covid-19. Meski demikian kami optimis selesai melakukannya", pungkas Sozawato. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini