Diduga Hutan Lindung Berahli Fungsi, Kepala KPLH II Batam : Sudah Menyurati Pihak Pengelola Hutan Lindung

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Keberadaan lahan hutan lindung di daerah Teluk Lengung Punggur Kecamatan Nongsa, Kota Batam akan terancam punah akibat ulah oknum – oknum tertentu dengan secara sengaja menguasai/memanfaat kan lahan tersebut tanpa ada tindakan tegas dari pihak pejabat pemerintah.

Kepala KPLH II Batam Provinsi Kepri Lamhot Sinaga selaku saat ditemui oleh awak media ini beberapa waktu yang lalu di Kantornya mengatakan, bahwa pihak nya sudah menyurati para pengelola hutan lindung diwilayah Kota Batam khususnya Punggur Teluk Lengung.

“ Nanti data – datanya akan kita berikan secara transparan tanpa ada yang ditutup – tutupi,"sebutnya, pada hari Kamis (15/07/2020).
Lamhot menambahkan, bahwa di setiap kawasan hutan lindung plang papan nama sudah kita pasang, Namun banyak juga yang hilang dan tidak kita ketahui siapa pelakunya.

“Kita juga siap kalau dilakukan penegakan hukum, namun karena keterbatasan penyidik maupun keterbatasan anggaran di Kantor KPLH II Kota Batam Provinsi Kepri sehingga kita tidak bisa berbuat banyak” ungkapnya.

“Mari rekan – rekan media kita bersama – sama dan saya tidak ada kepentingan apapun disana untuk menutup – nutupi permasalahan hutan lindung di Kota Batam,"tambahnya.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK 76/MenLHK-II/2015 Tanggal 6 Maret 2015 bahwa  setiap orang dilarang

1.Mengerjakan dan atau menggunakan dan  atau menduduki kawasan hutan secara tidak sah.

Merambah kawasan hutan. Melakukan penebangan pohon.Membakar hutan. Adapun Sanksi Pidana antara lain.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 41Tahun 1999 Tentang Kehutanan,  Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Lalu siapakah sebenarnya dibalik perambah hutan lindung di Kota Batam, sehingga para pelaku perambah hutan lindung selama ini terkesan kebal hukum. (Marihot)
Share:
Komentar

Berita Terkini