Bupati Dairi Kunjungi PT DPM

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Dairi berharap PT. DPM harus bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat Dairi dan Indonesia.

Hal ini disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat mengunjungi PT. Dairi Prima Mineral (PT. DPM) kemarin.

PT DPM dalam waktu dekat akan beroperasi secara bertahap walaupun masih dalam keaddan covid-19.

PT. DPM sebelumnya telah menghentikan operasinya atas saran dari Pemerintah Kabupaten Dairi, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
Sebelum beroperasi, pihak management PT. DPM Mr. Ma Jinping mengundang Bupati Dairi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk melakukan inspeksi terkait kesiapan PT.DPM dalam mempersiapkan protokol kesehatan sebelum nantinya beroperasi secara bertahap. Inspeksi ini dilaksanakan di Site Sidikalang Kantor PT. DPM yang berlokasi di Jalan Runding Sidikalang.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan Tim GTPP Covid-19 mendapatkan undangan dari managemen, Mr, Ma Jinping, bahwa setelah mempersiapkan waktu yang cukup panjang dan telah mengikuti semua ketentuan, baik dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah, PT DPM menyatakan sudah siap untuk kembali membuka secara bertahap dalam era new normal. Dengan begitu, GTPP Covid-19 Kabupaten Dairi sepakat untuk melakukan inspeksi ke PT. DPM untuk melihat sejauh mana persiapan yang sudah direncanakan Mr, Ma Jinping dan tim, untuk bersama sama menyaksikan kesiapan dari operasi PT DPM untuk bekerja kembali di kondisi Covid-19 ini.

"Kami sudah menyaksikan protokol kesehatan yang sudah didemonstrasikan, bagaimana disimulasikan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. Apabila ada karyawan atau pimpinan, baik itu kontraktor atau dari grup lain yang datang dan ternyata menurut indikasi medis harus mendapatkan perawatan, sudah tersedia ambulance dan lansung ditangani petugas PT. DPM dengan menggunakan full APD dan sudah memenuhi standar internasional dan langsung dibawa ke RSUD untuk ditangani setelah sebelumnya berkoordinasi dengan pihak RSUD. Jadi proses dan simulasi ini sudah dilatih dan dipersiapkan sebelumnya," ungkap Bupati.
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampaikan bahwa seluruh kesiapan yang dilakukan pihak PT. DPM sudah baik, sebagaimana yang disaksikan beliau, penerapan physical distancing dalam kantor dan ruangan rapat sudah diterapkan dengan  diberikannya tanda cross (silang) dan jarak antar meja dan tempat duduk dalam ruangan serta ventilasi udara yang baik.

“Saya melihat apa yang dilakukan oleh pihak PT. DPM saat ini sudah baik dan matang sebelum beroperasi. Hal ini sudah sesuai dengan Instruksi Presiden RI, Joko Widodo, bahwa keadaan Covid-19 adalah bukan keadaan normal, ini keadaan luar biasa dan emergency, maka kita anak bangsa haruslah mengubah pola pikir atau mindset kita, bahwa semua harus menyesuaikan diri dengan keadaan kritis, karena wabah Covid-19 tetap ada disekitar kita yang mengancam dan bisa mengganggu kesehatan kita dan masyarakat yang kita cintai. Saya juga ingin sampaikan spirit yang sama. Untuk kawan-kawan managemen PT. DPM, Mr. Ma Jinping, mari kita hadapi, kita tantang Covid-19. Kalau sudah siap, kita buka the new normal. Kita bekerja kembali dan tetap waspada. Sehingga Covid-19 bisa kita halau, walaupun belum bisa kita tumpaskan dan bisa lanjutkan kegiatan kita," ujar Eddy Berutu.

Pada saat yang sama, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyatakan sebagai Pemerintah Kabupaten Dairi, ia juga bertugas untuk menjaga masyarakat dan memperhatikan kepentingan masyarakat karena kepercayaan yang diberikan sesuai sistem politik.

"Sehingga kami pemerintah pun harus berdiri ditengah-tengah dan memastikan operasi PT. DPM harus bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat Dairi dan Indonesia pada umumnya. Mari bersama-sama dengan operasi standar internasional menjaga lingkungan kita dan tetap sehat, tetap baik sampai kegenerasi kita berikutnya," ujar Bupati.

Ia meminta kepada managemen PT.DPM dalam memulai new normal, agar senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah, karena pemerintah pun secara bertahap akan membuka dan melonggarkan aktivitas dan aktivitas sosial, sehingga semua bisa kembali beraktivitas sambil tetap waspada terhadap ancaman Covid-19.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini