Terkait Pemberitaan Mobil Dinas Membawa APK, Ini kata Bawaslu

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com -  Alat Peraga Kampanye (APK) adalah semua benda atau bentuk lain yang memuat visi, misi, program, dan/atau informasi lainnya dari Peserta Pemilu, yang bertujuan untuk mengajak orang lain memilih peserta pemilu.

Sedangkan Kampanye itu sendiri, menurut PKPU 23 Tahun 2018 pasal 24 ayat 1, dilaksanakan setelah penetapan Daftar Calon Tetap. "Jadi spanduk ataupun baleho yang ada sekarang, belum bisa dikatakan sebagai APK,"jawab Muslih Sulaiman, Komisioner Bawaslu Labura, saat dikonfirmasi wartawan via Whatsapp pada Sabtu, 13/06/2020.

Saat wartawan menanyakan tanggapan Bawaslu terhadap pemberitaan mobil dinas yang membawa spanduk, Muslih mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui berita tersebut dan belum ada laporan mengenai hal itu di Bawaslu Labura.

Sementara itu, H. Samsul Tanjung, ST, MH, yang dikabarkan menggunakan mobil dinas untuk membawa APK mengatakan kalau itu bukanlah APK. Itu hanyalah spanduk biasa. "APK itu kan media Informasi yang mengajak orang untuk memilih peserta pemilu, sementara kita kan bukan peserta pemilu," jawab Samsul.

Heriamsyah Simanjuntak, Ketua KPU Labura juga menjelaskan bahwa Tahapan Pilkada 2020 saat ini sudah terjadwal. Penetapan pasangan calon dijadwalkan pada tangga 23 September 2020.(Bima)
Share:
Komentar

Berita Terkini