Jalan Saitnihuta Rusak Parah, Bupati Humbahas Dinilai Tidak Tepati Janji

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks foto : kondisi Jalan Saitnihuta yang saat ini rusak parah.
dailysatu.com - Mengingat janji politik Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor pada masa kampanyenya dan dituangkan pada poin ke lima dalam visi misi nya yakni, "Ture dalan tu huta sahat tu balian asa langku na ni ula dohot tiga-tiga (Meningkatkan ketersediaan infrastruktur dan pengembangan wilayah), Bupati Dosmar dinilai tidak menepatinya.

Hal itu diungkapkan Pengurus Karang Taruna Desa Lumban Purba, kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

"Sudah hampir 5 tahun Bupati Dosmar Banjarnahor memimpin di Kabupaten Humbahas ini, dari kurang lebih 6 Kilo Meter jalan Saitnihuta, yang terealisasi hanya 800 meter, itupun masih terlaksana tahun 2019 lalu," kesal mereka.

Pihaknya juga merasa dianaktirikan atas kebijakan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di daerah itu.

"Kalau kita melihat desa lain, salah satunya Desa Parsingguran yang dimana kami ketahui itu Kampung Bupati, jalannya sudah mulus. Kenapa jalan ke kampung kami tidak ada perbaikan? Padahal kami juga masyarakat Humbahas yang mengharapkan kesejahteraan,"ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang warga Desa Aek Lung, Rimjaya Simamora. Menurutnya, majunya salah satu daerah dapat di lihat dari meningkatnya insfratruktur di daerah itu tanpa ada kesenjangan sosial.

"Kalau insfratruktur di daerah itu bagus, berarti daerah itu maju. Insfratruktur adalah salah satu menunjang peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satu contohnya, masyarakat akan lebih mudah dalam transaksi jual beli hasil pertanian, dimana warga seputaran jalan Saitnihuta adalah mayoritas petani," ucapnya kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Pihaknya berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas dapat memberikan perhatiannya untuk memperbaiki Jalan Saitnihuta tersebut.

"Kami berharap, Pemkab Humbahas dapat secepatnya memperbaiki jalan ini, dimana Jalan Saitnihuta adalah salah satu akses menuju ke Ibu Kota Kabupaten," harapnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Humbahas, Jhonson Pasaribu, kepada wartawan, Senin (8/6/2020) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa tahun 2020 sebagian jalan Saitnihuta akan diperbaiki.

"Tahun ini ada 2 titik perbaikan jalan saitnihuta dengan pagu masing-masing sekitar 300 juta," ucap Jhonson.

Jhonson menjelaskan, kecilnya anggaran yang dialokasikan pada perbaikan jalan saitnihuta tersebut akibat dari refocusing anggran untuk penanganan Covid-19.

"Anggarannya dipotong untuk penanganan Covid-19 ini. Kedepannya, kami akan lebih memprioritaskan perbaikan jalan saitnihuta," ungkapnya.

Diketahui, Jalan Saitnihuta adalah akses jalan menuju beberapa desa, yakni Desa Purba Manalu, Desa Aek Lung, Desa Lumban Purba, Desa Saitnihuta, Desa Simarigung, Desa Sigulok, dan Desa Batunajagar.(ds/carlos/dohar)
Share:
Komentar

Berita Terkini