Evaluasi Bansos Covid-19, Dinas PMD Kumpulkan Ketua BPD

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Banyaknya keluhan masyarakat menyangkut penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) baik dari pusat, provinsi, berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) serta bantuan pangan dari Provinsi Sumatera Utara.

Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Labuhanbatu, mengumpulkan seluruh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (03/06/2020). Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja BPD agar perannya dalam mengawasi pemerintahan desa lebih efektif, dalam penyaluran bantuan sosial dampak pandemi Covid-19.

Kepala DPMD, Abdi Jaya Pohan, menjadwalkan evaluasi seluruh Ketua BPD terbagi menjadi tiga gelombang. Rabu hari ini, ada 41 Ketua BPD dari tiga kecamatan, yang dikumpulkan, yakni, dari Kecamatan Bilah Barat, Bilah Hulu, dan Pangkatan.

“Banyak laporan dari masyarakat menyangkut lemahnya kinerja BPD sehingga berujung pada anggapan tidak tepat sasaran penyaluran bantuan sosial Covid-19. Untuk itulah kita kumpulankan seluruh Ketua BPD agar mereka lebih paham tugas dan fungsinya dalam mengawasi pemerintahan desa,” ucap Kepala DPMD, Abdi Jaya Pohan, kepada awak media.
Seluruh Ketua BPD itu diberikan materi menyangkut tugas dan fungsinya dalam mengawasi dan penyaluran bantuan sosial. Sebanyak 41 Ketua BPD itu dikumpulkan di Aula Kantor DPMD.

“Laporan dan masukan dari Ketua BPD terkait penyaluran bansos tahap pertama sangat kita butuhkan. Dikarenakan banyaknya laporan yang masuk kepada kita adanya masalah. Untuk itu seluruh Ketua BPD kita minta fakta-fakta di lapangan apakah sesuai atau tidak penyalurannya,” jelas Abdi.

Perlu diketahui publik, sambung Abdi, peran Ketua BPD pada tim relawan Covid-19 harus ditempat pada posisi Wakil Ketua oleh Kepala Desa. “Sebab, dalam Musdes Khusus pendataan calon penerima bantuan sosial, peran BPD sangat kuat. Karena BPD juga memiliki peran utama siapa-siapa yang berhak mendapatkan bansos. Inilah bentuk pengawasan BPD terhadap Kepala Desa dan pemerintahannya,” urai Kepala DPMD Labuhanbatu ini.

Selanjutnya, timpal Abdi, para Ketua BPD dari desa di Kecamatan, Bilah Hilir, Panai Hilir, Panai Tengah, Panai Hulu juga akan dikumpulkan. “Seluruhnya akan kita evaluasi kinerja BPD secara bertahap. Nah, kali ini ada
sebanyak 41 Ketua BPD dari berbagai desa di tiga kecamatan, yakni, Bilah Barat, Bilah Hulu, Pangkatan,” rinci Abdi. (Ds/Aji)
Share:
Komentar

Berita Terkini