Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0206/Dairi Tanam Jagung, Kacang Hijau dan Bawang Merah

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama di Indonesia ditinjau dari aspek pengusahaan dan pemanfaatan hasilnya, yaitu sebagai bahan pangan dan pakan. Kebutuhan jagung baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor sampai saat ini masih sangat besar.

Peluang pengembangan jagung di  Kab Dairi untuk mendukung ketahanan pangan pada saat ini terkait dengan Pandemi Covid-19,  sangat prospektif karena didukung oleh ketersediaan lahan yang luas sehingga Kodim 0206/Dairi  mengajak masyarakat  untuk tanam jagung  sebagai ketahanan pangan.

Lahan yang telah diusahakan dan sebagai Deplot Kodim 0206/Dairi, seluas 1 ha sebagai contoh kepada masyarakat agar jangan membiarkan lahan tidur.
Tanam Jagung Deplot Kodim 0206/Dairi di Desa  Pegagan Julu VII,Kec Sumbul, Kab Dairi.

Selain jagung  jajaran Kodim 0206/Dairi, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengembangan ketahanan pangan dilakukan pendekatan secara partisipatif. Sepert Serka Imanuel Ginting Koramil 04/Tigalingga, Kodim 0206/Dairi mengajak masyarakat untuk Tanam Kacang Hijo Seluas 1  ha di tigalingga Budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata mulai diminati negara tetangga.

pada umumnya kacang hijau, mulai meningkat  pada bulan Agustus–September, oleh Karena itu, Serka I. Ginting mengajak masyarakat untuk tanam kacang hijau di tigalingga ditengah pandemi Covid -19.
Serka I.Ginting mengatakan, salah satu daerah kita ini yang tepat menanam kacang hijau di Kec Tigalingga, Kab Dairi. Oleh karena itu kami sebagai Babinsa Koramil 04/TL  Kodim 0206/Dairi mengajak masyrakat membudi dayakan  tanam Kacang hijau sebagai ketahahan pangan.

Kemudian Peltu M. Huta Balian Koramil 06/Kerajaan, memanfaatkan lahan untuk Tanam Bawang merah, tanaman ini merupakan tanaman hortikultura musiman yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Budidaya bawang merah mempunyai banyak jenis hama dan penyakit. yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama ulat dan penyakit layu.

Hama ulat menyerang daun, gejalanya terlihat bercak putih pada daun. Bila daun diteropong terlihat seperti gigitan ulat  maka perlu tanaman di semprot dengan insektisida yang berbahan aktif klorfirifos.

Penyakit layu fusarium, disebabkan oleh cendawan. Gejalanya daun menguning dan seperti terpilin. Bagian pangkal batang membusuk. Penanganannya dengan mencabut tanaman yang mati kemudian membakarnya. Penyemprotan bisa menggunakan fungsidia.

Untuk penanaman perlu membuat  bedengan dengan lebar 1-1,2 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang sesusai dengan kondisi kebun. Jarak antar bedengan 50 cm, sekaligus dijadikan parit sedalam 50 cm.

Cangkul bedengan sedalam 20 cm, gemburkan tanahnya. Bentuk permukaan atau bagian atas bedengan rata, tidak melengkung.
Tambahkan kapur atau dolomit sebanyak 1-1,5 ton per hektar apabila keasaman tanah kurang dari pH 5,6. Penambahan kapur setidaknya diberikan 2 minggu sebelum tanam.

Tanam Bawang merah Oleh Peltu M.HT Balian Koramil 06/KRJ Kodim 0206/Dairi

Ditengah tenga pandemi Covid -19 di samping melaksanakan kegiatan Ketahanan pangan  Kodim 0206/Dairi tergugah juga hati Dandim 0206/Dairi  Letkol Arh Hadi Purwanto S.H, Ketua Persit KCK Cabang XLII, Ny Yeni Hadi Purwanto,S.H.  memberikan bantuan bahan pokok untuk salah seorang Anak disabilitas a.n David R.D Habeahan anak dari Bapak Sarwedi Habeahan, Ibu Setiana Sembiring. Kelurahan Sidiangkat Kab Dairi tepatnya di Jln Runding yang sehari harinya bekerja dengan mencari upah. Dengan pemberian bahan poko Dandim berpesan kami harap pemberian kami tidak seberapa namun dengan pemberian kami dapat meringankan  beban ibu dan keluarga.  Kemudian Keluarga Rodrigues Sihombing Desa Ujung Baho Kec Sidikalang Hal ini dikarenakan Keluarga Rodrigues   lansia rentan mengalami kesulitan dalam mengakses bahan pokok di tengah pandemi Covid-19.Kab Dairi.  Keluarga Sarwedi melalui anaknya  mengucapkan terimakasih kepada ni no Komandan Kodim 0206/Dairi yang sudah memberi perhatian kepda keluarga kami.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini