Camat Panai Hulu Lakukan Pengecekan Administrasi Penyaluran Bansos Covid 19 di Desa-desa

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Masalah Bantuan Sosial ( Bansos) Covid 19 di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, dapat dikatakan yang terbaik dari Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kawasan pantai Kabupaten Labuhanbatu, dimana seluruh Bansos Covid 19 dapat di salurkan sebelum Hari Raya Aidilfitri 1441 H.

Camat Panai Hulu Abdul Kholik Lubis SE saat ditemui di kantor Kepala Desa Sei Jawijawi Kecamatan Panai Hulu, Kamis (04/5/2020) saat ditanyakan apakah ada penyaluran Bansos Covid 19 ada bermasalah, dari jawaban yang disampaikan oleh Camat bahwa memang issu yang berkembang dalam penyaluran Bansos ini ada beberapa Kepala Dusun yang mendapat uang terima kasih dari Masyarakat.

Maka untuk itulah dirinya bersama personel dari Kasi Pemerintahan Desa, melakukan pengecekan kebenaran dari issu yang berkembang itu, dari hasil pengecekan yang sudah kami lakukan di Desa Meranti Paham, Cinta Makmur dan hari ini di Desa Jawijawi, memang ada kepala Desa yang mengambil kebijakan tentang biaya pengangkutan dari Kantor Camat  ke Desa masing-masing. Namun sebelum ada pembebanan Kepala Desa bersama BPD, LKMD, Tokoh Masyarakat membuat kesepakatan bersama untuk dana transportasi, karena Bansos ini hanya diantar sampai ke Kantor Camat sedangkan dana untuk transport dari kantor Camat ke Desa tidak ada.

Kata Camat Panai Hulu lagi, di Desa Cinta Makmur kita temukan dari pengakuan beberapa Kepala Dusun bahwa mereka memang mendapat uang dari Masyarakat, akan tetapi mereka tidak pernah meminta, ini adalah keikhlasan Masyarakat karena Bansos berupa sembako itu diantar langsung oleh Kepala Dusun kerumah warga.

Hal ini dikuatkan dengan pengakuan Masyarakat, namun demikian uang yang diterima Kepala Dusun segera dikembalikan ke Masyarakat dan sesuai dengan kewenangan yang ada pada Camat akan mengeluarkan Surat Peringatan Kepada Kepala Dusun yang terlibat menerima, karena dalam penyaluran Bansos ini tidak ada pengutipan dari Masyarakat dengan dalih apapun.

"Kita akan terus melakukan pengecekan ke Desa-desa di Wilayah saya, sehingga penyaluran Bansos Covid 19 ini dapat berjalan lancar dan aman, saya tidak akan segan untuk melakukan tindakan kepada Perangkat Desa bilamana ada yang melakukan hal-hal diluar ketentuan," tegas Camat A.Kholik Lubis.SE. (Ds/Aji)
Share:
Komentar

Berita Terkini