Akhir Jabatan Bupati Humbahas, Fraksi GD Akui Banyak Persoalan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Banyaknya persoalan yang timbul pada Pemerintah Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) tahun ke lima atau akhir jabatan atas kinerja  kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati menimbulkan tanda tanya dan kekesalan  pada Fraksi Gerindra Demokrat (GD) .

Hal ini disampaikan pada pemandangan umum atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertangggungjawaban Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2019 oleh Fraksi Gerindra Demokrat pada rapat paripurna, Kamis (11/6/2020) di Gedung DPRD Tano Tubu Doloksanggul.

Menurut fraksi GD yang dibacakan oleh Moratua gaja, menyebutkan, bahwa belum terlaksananya pengaspalan jalan hotmix di seluruh jalan kabupaten dinilai merupakan kegagalan serta berkurangnya lahan sawah akibat gencarnya pembangunan bentuk lain di lahan sawah seperti di Kecamatan Doloksanggul, mengakibatkan perluasan pembukaan lahan sawah baru hampir tidak ada.

Selain itu, menurut fraksi GD, hasil kesepakatan tentang RAPBD 2019 tanggal 28 november 2018 untuk di lakukan rasionalisasi atas setiap OPD untuk digunakan sesuai point yang di bahas pada hasil Rapat Gabungan Komisi dengan Tim Anggaran Pemerintah terhadap Ranperda tentang APBD 2019.

Namun, pada faktanya, sangat disayangkan setelah dilakukan bedah nota perhitungan, bahwa rasionalisasi yang di sepakati tidak terakomodir di APBD murni tahun anggaran 2019 menyisakan kekesalan pada kinerja Bupati Humbahas dan meminta bupati untuk menjelaskan pada nota jawaban nantinya.

Sorotan terkait bantuan alat-alat mesin pertanian dari pemerintah pusat juga disampaikan Fraksi GD. Menurut fraksi ini, bantuan alsintan tersebut harusnya di serahkan langsung pada Kelompok Tani, namun pada faktanya tidak dilaksanakan, sehingga mengakibatkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan dibebankan pada APBD, imbasnya  pembangunan lain yang sangat dibutuhkan masyarakat terhambat.

Pada kesempatan itu, Fraksi GD mengharapkan pemkab  mampu menerima prakarsa, kreativitas dan inovasi serta kritik maupun saran dari lapisan masyarakat untuk kemajuan serta mampu membangkitkan semangat berbagai potensi daerah secara efesktif di Kabupaten Humbahas terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

Diketahui, Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Demokrat di antaranya Moratua Gajah, Jimmy Togu Purba dan Bresman sianturi.(ds/carlos/dohar)
Share:
Komentar

Berita Terkini