Virus Covid - 19 Mendekati Kota Solok

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - BS (69) bertempat tinggal Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok Sumatera Barat terkonfirmasi Positif Covid-19, dengan hasil tes didapat hari, Jumat (15/5/2020).

Dalam keterangan juru bicara Gugus tugas Kabupaten Solok Syofiar Syam sebelumnya BS PBM IGD RSUD Arosuka tanggal 13/05/2020 jam 10.00 WIB dengan Ca Paru dan dirawat di rawatan interne ( isolasi) .

Pasien pernah juga dirawat di Rumah Sakit M Natsir Solok dan Semen Padang Hospital (SPH) dengan  keluhan yang sama. Pada hari Kamis, tanggal 14/05/2020 kondisi pasien semakin menurun dan BS akhirnya meninggal.

Pasien sudah dilakukan swab orofaring jenaza diselenggarakan oleh keluarga dengan memakai alat pelindung diri (APD).

Pada saat itu, BS pernah dirawat di juga rumah sakit M.Natsir Solok dan hanya dilakukan rapid test, kemudian juga pernah dirawat di Semen Padang Hospital dan juga di rapid test hasilnya juga  negatif, sepulang dari Semen Padang Hospital , BS dirawat dirumah.

Tanggal 13 BS dibawa ke Rumah Sakit Arosuka untuk direncanakan tindakan operasi pengeluaran cairan pleura, pada waktu masuk RSUD Arosuka.

 Di anjuran rawat diruang Isolasi,  kelurga memohon untuk tidak di Isolasi dengan alasan keluarga sudah 2 kali dirapid  hasil Negatif.

Untuk itu BS dirawat diruang Paru Interne, pada pagi tanggal 14 Mei , Kondisi drop, dan tindakan dilakukan Nebu tidak berhasil.

Sekitar jam 8, pasien meninggal, anjuran dari dr.Elda untuk dilakukan swab, setelah diswab. Pihak rumah sakit berkeputusan untuk  penyelenggaraan jenazah secara Covid 19.

Sementara itu, keluarga masih menolak sebab salah satu keluarga/cucu BS adalah karyawan Rumah Sakit M Natsir.

Keterangan dari anak kandung BS yakni Hendri S, BS dimandikan oleh keluarga mamakai  alat pelindung diri  ( APD) mantel plastik dan hanscoen dan sarung tangan 3 lapis, namun tidak semua pakai APD.

Untuk itu Juru bicara Gugus tugas Kabupaten Solok Syofiar Syam akan melakukan tracking dan introgasi  secara menyeluruh, terhadap kontak erat, akan kita lakukan pengabilan swab sekalian.(Yon)
Share:
Komentar

Berita Terkini