Ruang Isolasi Baru Di RSU Tarutung Resmi Difungsikan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatucom - Ruang isolasi yang baru dibangun di RSUD Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), dalam penanganan virus Corona (COVID-19), resmi difungsikan.

Pengoperasian ruang isolasi bagi pasien Covid-19 tersebut, ditandai dengan peresmian oleh Bupati Taput Nikson Nababan, bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Wakapolres Kompol Mukmin Rambe, didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung dan Direktur RSU dr Janri Nababan serta beberapa pimpinan OPD, Sabtu (30/05/2020)

Bupati saat meninjau kondisi dan kelengkapan ruang isolasi yang diberi nama Ruang Munson dan Lyman menyebut, 1 bangunan yang baru terdiri dari 7 ruangan untuk PDP berat. Sementara 1 bangunan lainnya merupakan ruang sal untuk PDP ringan untuk kapasitas 25 pasien.

"Pemberian nama Ruang Munson dan Lyman adalah untuk mengingat sejarah para misionaris pertama yang datang ke Taput dengan tujuan memberikan pendidikan kepada orang Batak. Sejarah itu perlu tertanam dipikiran kita dengan harapan akan muncul para Munson dan Lyman yang baru untuk memberikan kemajuan di Taput," ujar Bupati.

Dikatakannya, Taput harus bisa menjadi daerah mandiri dan berdikari. Salah satunya seperti saat ini dalam menghadapi pandemi Corona.  Anggaran mampu untuk mendukung penanganan penyebaran Covid-19 dengan menambah ruang isolasi yang sebelumnya ada 4 ruangan di RSUD Tarutung. Hali ini merupakan untuk kepentingan masyarakat Taput dan Kabupaten tetangga.

Bupati memberikan gambaran kesiapan menghadapi 'New Normal' sebagai budaya baru dalam tatanan kehidupan masyarakat dan juga beberapa dampaknya.

"Kita harus bersama-sama mengantisipasi bila pasien Covid-19 bertambah. Mulai sekarang kita harus mempersiapkan diri seandainya kemungkinan terburuk itu terjadi," imbuhnya.

Bupati mengapresiasi dan bangga dengan integritas para petugas dan seluruh jajaran yang mendukung percepatan penyelesaian bangunan ruang isolasi baru ini sehingga dapat difungsikan.

Bupati juga akan tetap melakukan pembenahan seluruh RSUD Tarutung. Terkait pengadaan Catridge Sarscov2, apabila belum dikirim dari Pemerintah Pusat, akan dilengkapi sendiri sehingga nantinya mampu melaksanakan Swab Test. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini