Penyemprotan Disinfektan Hingga Bagi Masker, Upaya Desa Saragih Cegah Covid -19

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com- Upaya pencegahan penyebaran Covid -19 dilakukan banyak pihak, agar tidak adanya korban yang terjangkit, Pemerintah Desa  ikut memeranginya. Salah satunya dilakukan Desa saragih,Kecamatan Manduamas yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan,pembagian masker hingga edukasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Kades Saragih, Sahwin Tumanggor mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di lingkungan rumah warga,Sekolah,tempat ibadah dan dilaksanakan juga pembagian masker kepada warga serta penyediaan tempat cuci tangan.

“Kami Pemerintah Desa Saragih telah beberapa kali  melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan desa ini, dan kami juga membagikan masker kepada warga,”kata Sahwin Tumanggor di rumahnya,Desa saragih, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapteng, Sumut, kemarin Kamis (05/05/2020) pukul 14.30 WIB.
Sahwin menambahkan, mengenai pembagian masker ini kami bagikan tahap demi tahap. “ Pemerintah desa membagikan masker secara gratis  door to dor.  Kami telah membagikan  sekitar  750 lembar masker kepada warga,”tambahnya.

“Saya selaku Kepala Desa Saragih mengintruksikan kepada warga agar pakai masker bila keluar rumah kalau ada urusan penting, dan menjaga kebersihan hingga pola hidup bersih untuk tetap sehat adalah langkah kita dalam memutus rantai penyebaran Covid -19 di Desa Saragih,”ungkap Kades Saragih.

Maka dari itu, pihaknya minta kepada seluruh masyarakat agar ikut mentaati peraturan pemerintah agar penyebaran Covid 19 tidak meluas.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada warga dalam memerangi penyebaran Covid-19. Menjaga kebersihan dan kesehatan bersama agar kita terhindar dari Covid-19, dan mengikuti himbauan pemerintah tidak melakukan perjalanan keluar daerah jika tidak ada urusan mendesak,”imbuhnya.
Penyemprotan disinfektan dan pembagian masker di lakukan Pemerintah Desa (Pemdes), masyarakat dan dibantu oleh dari pihak Puskesmas Saragih mengingat Virus ini sangat berbahaya  maka seluruh elemen masyarakat ikut berkontribusi dalam memberantas Penyebaran Covid-19.

“Bukan hanya penyemprotan disinfektan dan pembagian masker saja, pemdes juga mendirikan posko yang aktif sesuai intruksi Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Untuk itu, setiap orang yang ingin masuk ke desa kita berhentikan dan kita periksa suhu tubuh, serta kenderaan kita semprotkan dengan cairan disinfektan,”tutup Sahwin Tumanggor. (ds/Allin)
Share:
Komentar

Berita Terkini