Harga Sembako Bantuan Pemkab Simalungun Diduga Jadi Ajang Korupsi

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Harga pembelian paket sembako yang diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Simalungun yang terdampak covid 19 diduga menjadi ajang korupsi.

Informasi yang diperoleh, Jumat (8/5/2020) oknum pejabat yang juga istri salah seorang pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut, diduga bekerjasama dengan rekanan pengadaan sembako dengan meninggikan harga pembelian.

Untuk satu paket sembako berisi beras 5 kilogram, ikan kaleng, susu kental manis dan vitamin C sesuai keterangan Kepala Dinas Sosial Mudahalam Purba sebelumnya harga pembelian mencapai Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu.

Padahal jika dilihat dari nilai paket sembako yang sudah dibagikan kepada masyarakat untuk satu paket berisi beras 5 kilogram,5 ikan kaleng dan 5 susu kaleng susu kental manis,20 bungkus mie instan, serta vitamin C harganya tidak sampai Rp 200 ribu.

"Memang jika dilihat dari isi paket sembako bantuan Pemkab Simalungun untuk warga yang terdampak Covid 19, tidak wajar harganya Rp 400 ribu-Rp 600 ribu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Sosial," ujar anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik yang dihubungi wartawan.

Menurutnya, dengan harga satu paket sembako senilai Rp 400 ribu, seharusnya sudah dapat diberikan kepada masyarakat beras 10 kilogram, gula 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, mie instan 2 kotak dan 5 kaleng susu kental, ikan kaleng dan vitamin C.

Anggota DPRD Bernhard Damanik  berharap, Bupati JR Saragih menindak tegas oknum pejabat Dinas Sosial Pemkab Simalungun jika terbukti memanipulasi harga pembelian paket sembako yang dinilai tidak wajar.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Pemkab Simalungun, Mudahalam Purba yang dikonfirmasi, Selasa (5/5/2020) membenarkan pembelian harga sembako bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid 19 ada yang seharga Rp 400 ribu dan Rp 600 ribu per paket.

"Ada yang harga Rp 400 ribu ada juga yang Rp 600 ribu,isinya beras,ikan kaleng dan bahan makanan lainnya," ujar Mudahalam ( Erwin Sinulingga)
Share:
Komentar

Berita Terkini