Forkopimka Manduamas Pantau Penyaluran BLT DD T.A 2020

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks foto : Pj Kades Saeagih Timur, M. Taher, Camat Manduamas Marihot Simbolon S.Sos, Polsek Manduamas Iptu Suparjo SH.MH.
dailysatu.com-  Pemerintah Desa Saragih Timur laksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa TA. 2020 di Sekolah PAUD Mangga Dusun I Desa Saragih Timur, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 09.00 Wib.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di tengah wabah Covid-19, yang melanda Indonesia saat ini. Dengan adanya bantuan ini, sangat diharapkan membantu masyarakat.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, BPD Saragih Timur Halasan Harianja, Pj Kades Saragih  Timur M.Taher Siregar, Camat Manduamas Marihot Simbolon,S.Sos, Kasi Kesra Manduamas H.Simatupang, Kapolsek Manduamas Iptu Suparjo SH.MH, Kspkt Polsek Manduamas, Aiptu Sarjono Tumanggor,  Danramil 01 Barus di wakili Babinsa Kecamatan Manduamas Jasman Pohan, Kopda Ruswandi, kopda J.F.Siregar, Pendamping Tehnik Infrastruktur (PDTI) Marsion Sihotang, Seluruh Aparat Desa Saragih Timur dan masyarakat Penerima BLT DD Saragih Timur.
Teks foto : Warga Penerima BLT-DD Desa Saragih Timur Kecamatan Manduamas.
Pj Kades Saragih Timur, M.Taher siregar mengatakan, seyogianya Program BLT DD T.A.2020 Desa Saragih Timur dilaksanakan kemarin, Sabtu (23/05/2020) namun karena beberapa masyarakat merasa penerima BLT DD tersebut kurang Valid dan akurat  maka penyalurannya di tunda.

Berdasarkan alasan tersebut makanya pihak Pemerintah Desa Saragih Timur melaksanakan kembali pendataan yang valid. Dan akurat sesuai keinginan masyarakat Desa Saragih Timur.

Karena data yang kita peroleh sudah valid dan akurat, makanya pada hari ini kita laksanakan penyaluran BLT-DD T.A.2020 tahap pertama. Yang mana penyaluran BLT-DD setiap penerima menerima uang tunai sebesar Rp.600.000  selama tiga bulan.

Warga Penerima BLT DD pada hari ini merupakan keluarga miskin dan diluar PKH,BPNT dan BST dan mendatangani surat pernyataan diatas materai  yang merupakan syarat yang berhak penerima BLT DD tersebut.

"Secara keseluruhan penerima BLT DD di Desa Saragih Timur sebanyak 99 KK. Data ini merupakan hasil verifikasi dan finalisasi aparat Pemerintahan Desa saragih Timur beberapa hari yang lalu. Diharapkan sasarannya akurat,”kata Kades Saragih Timur Taher Siregar di damping Forkopimka setempat.
Teks foto : Pj kades Saragih Timur, M.Taher menyerahkan BLT-DD kepada Penerima BLT DD Saragih Timur
Kades menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada  pihak Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang penuh tanggung jawab mendampingi kami dalam kegiatan ini, dan diharapkan nantinya penyaluran BLT-DD ini  berjalan aman dan lancar.

Sementara Pendamping Tehnik Infrastruktur (PDTI) Kecamatan Manduamas Marsion Sihotang mengatakan, bahwa pembagian BLT-DD ini kepada masyarakat yang berdampak Covid -19 yang mendunia samapai ke Indonesia.

Oleh karena itu ada relugasi dari Pemerintah pusat membuat kebijakan dari Dana Desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19, misalkan untuk biaya penyediaan masker, penyemprotan disinfektan di desa-desa, dan pembagian Bantuan Langsung Tunai yang terdampak Covid yang kita laksanakan pada hari ini.

Secara garis besar yang memperoleh BLT-DD ada yang terdampak langsung dalam arti karena pandemi Virus Corona ini, kehilangan mata pencahariannya,mempunyai penyakit kronis menahun,masyarakat miskin  dan masyarakat diluar penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Marsion menambahkan, bagi masyarakat penerima BLT-DD hari ini harus  menandatangani surat pernyataan diatas materai karena didalam surat pernyataan tersebut tercantum kriteria-kriteria yang berhak memperoleh BLT-DD serta  berguna  untuk bulan berikutnya, apabila ternyata kita menerima bantuan yang lain secara sendirinya yang kita terima pada hari ini lepas untuk bulan berikutnya dan menjaga pemerintahan desa agar  jangan ada pemikiran dari Pemerintah Pusat atau Propinsi  tumpang tindih dari semua penerima bantuan ini.

Perlu kita ketahui bersama bahwa  BLT-DD ini digulirkan Pemerintah Pusat   untuk menjaga ketahanan pangan didalam keluarga kita untuk menjaga situasi nasional bila Virus Corona ini berkepanjangan. (ds/Allin)
Share:
Komentar

Berita Terkini