Tangani Covid-19,Pemkab Asahan Gelontorkan Dana Rp 26 Milyar Lebih

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Pemkab Asahan akan menyalurkan dana sebesar Rp 26 Milyar lebih untuk penanganan percepatan covid -19 Asahan. Anggaran dana untuk penanganan penyebaran virus corona itu diambil dari beberapa sumber.

"Pemkab Asahan telah menganggarkan dana sebesar Rp 26 Milyar lebih untuk penanganan Covid-19. Dana itu diperoleh dari bebrapa sumber yang ada," ujar Kadis Kominfo Asahan, Rahmad Hidayat Siregar,Selasa (14/4/2020) kepada awak media saat melakukan konfrensi pers dikantor Gugus Tugas Covid19.

Dijelaskannya,anggaran untuk penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Asahan berjumlah Rp 26 miliar lebih atau tepatnya Rp 26.890.832.610. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik, APBD, pergeseran Dana Alokasi Umum (DAU), PAD dan kegiatan fisik yang ada.

Mengenai dana yang disiapkan,katanya,pihak Pemkab Asahan tidak perlu adanya persetujuan  DPRD. Karena, hanya menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) yang sudah disiapkan dan telah dilaporkan ke Gubernur Sumut tanggal 7 April 2020 dan ke Kementerian 9 April 2020 lalu.

Selanjutnya,kata Rahmat Hidayat, anggaran diperuntukkan buat keamanan kantor seperti penyediaan alat dan tempat mencuci tangan, penjemputan TKI dan APD. Saat ini, semua instansi sedang menghitung sekaligus menginput kebutuhan masing-masing.

“Sesuai imbauan Pemerintah Pusat anggaran sampai tanggal 29 Mei harus disiapkan. Kita berharap sebelum tanggalnya penyebaran Corona berakhir," ungkapnya. (Hendri)
Share:
Komentar

Berita Terkini