Tanaman Kelapa Sawit dan Perawatan Jalan PTP-N IV Berangir Dipertanyakan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks foto : Kantor Besar PTP-N IV Berangir (Poto Zulkifli Harahap, SH)
dailysatu.com - Tanaman Kelapa Sawit dan perawatan jalan perkebunan yang dikelola PTP-N IV Berangir, Sumatera Utara (Sumut) sungguh memprihatinkan.

Pasalnya, beberapa titik jalan di perkebunan tersebut yang berada di wilayah berangir Diduga kuat perawatan jalan yang dulunya digunakan untuk mengangkut Tandan Buah Sawit (TBS) sepertinya tidak tersentuh perawatannya.

Pantauan wartawan pada, Jum'at (03/04/20) sekira pukul 16:00 wib dilokasi terlihat di beberapa titik jalan di salah satu ADL yang berada di PTPN IV Berangir masih banyak jalan yang belum tersentuh perawatannya. Bahkan, ada juga jalan yang dahulunya digunakan kini jalan itu tidak digunakan lagi sebagaimana mestinya.
Teks foto : Jalan PTP-N IV Berangir, Sumut
Hal itu dikatakan salah satu warga setempat berinisial Z warga dusun Kampung Berangir, yang pada waktu itu berada dilokasi jalan tersebut hendak mencari peliharaan ternak miliknya. Dia mengatakan bahwa jalan itu sudah lama digunakan untuk mengangkut TBS hasil panen karyawan.

"Jalan ini sudah lama ada Bang, dari dulu begini-gini aja, bahkan semakin parah apalagi musim hujan. Dulu jalan disini hanya satu, tapi beberapa tahun yang lalu kalau saya tidak lupa ya tepatnya setelah PTPN IV Berangir ini direflanting, dibuka beberapa titik badan jalan baru, tapi anehnya jalan yang baru dibuka dan jalan yang sudah lama hampir tak dapat digunakan sebagaimana seharusnya. Bahkan mirisnya lagi, jalan yang biasanya digunakan untuk pengangkutan TBS, turuk yang biasanya masuk untuk mengangkut kini tidak masuk lagi karena jalannya tidak terawat," ucap Z dilokasi.

"Banyak lagi yang agak heran kita melihatnya, kalau mau jalan gak pala jauh dari sini, Pasti Bg melihat tanaman baru kelapa sawit PTPN IV Berangir kok bisa beda ya tanamannya, sebagian tanaman masih kecil, kok bisa ya bg? Apa mungkin tanamannya berbeda dengan yang lain padahal lokasinya sama. Permisi ya bg aku lanjut dulu mencari lembuku,"tambahnya.

Saat di konfirmasi hal tersebut Asisten PTP-N IV Berangir Abdiling V Bayu mengatakan, bahwa tidak ada perawatan jalan. "Perawatan jalan PTP-N IV Berangir khususnya Abdiling V sejak tahun 2017 sampai tahun anggaran 2018 tidak ada perawatan jalan di Abdiling V ini," ucap Bayu, Rabu (15/04/20) sekira pukul 07:44 wib dikantornya.

Terpisah, saat di konfirmasi asisten Abdiling V PTP-N IV Berangir terkait tanaman baru kelapa sawit di wilayah Abdiling V mengapa kelapa sawit tersebut berbeda sebagian masih kecil, sementara pada umumnya tanaman disekeliling berbeda alias sudah tinggi.

"Tanaman kelapa sawit yang masih kecil itu sisipan, atau tujukan yang artinya berindolan yang tumbuh sendiri,"ucapnya.

Namun, saat diperjelas lagi tanaman yang dimaksud berbatas langsung dengan masyarakat beliau terkesan tidak mampu menjawab.

"Kok bisa ya," jawabnya dengan singkat.(Zulharahap/gofu-team)
Share:
Komentar

Berita Terkini