Satu Orang Warga Kab. Solok Positif Covid 19

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Solok Gusmal , Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di dampingi Damdim 0309 Kapolres Solok Azhar Nugro serta jajaran dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok menyampaikan Satu Orang di Kabupaten Solok Positif terjangkit Virus Corona (Coviid-19).

Dalam keterangan Bupati Solok di Guest House, Kamis Malam (16/4/2020) warga yang positif berinisial SP ( 77 ) warga Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatara Barat yang positif virus corona.

Dalam kronolgis terjakit Virus pada Senin tanggal 13 april 2020 SP datang ke praktek Dokter di temani oleh menantunya.

Saat pasien datang sang dokter menangani hanya berbekalan masker kain biasa, sementara itu pasien menyampaikan keluhan rasa kebas pada daerah wajah dan lengan sebelah kiri.

Selain itu, rasa demam tidak ada batuk, BAB dan BAK biasa saja , mual muntah dikatakan tidak ada. Pada pemeriksaa fisik didapatkan keadaan umum baik, pasien sadar, tekanan darah 130/80 Mmhg, nafas 16x/i, nadi 84x/i, suhu 37’C. Dan diberikan obat sesuai dengan gejalanya.

" Pasien memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi sejak lebih kurang 5 tahun yang lalu. Pada tanggal 14/4/2020 keluarga. Pada tanggal 14 April keluarga pasien berinisiatif untuk merujuk pasien ke RSUD  aro Suka dengan keluhan nyeri perut di ulu hati, pasien dengan mengunakan kendaraaan sendiri dengan oleh keluarga pasien ,"ujar bupati.

Pada 15 April Surveilans Puskesmas mendapatakan informasi dari Surveilans Dunas Kesehatan, bhwa  ada seorang pasien di RSUD Aro Suka dinyatakan sebagai PDP berasal dari puskesmas Surian.

Tidak menunggu lama hari itu juga dilakukaan swab tenggorokan, oleh RSUD Aro Suka dan senpel dikirim ke labor Unand.

Kamis 16 Apriljam 12.00 Wib RSUD Aro Suka menelepon Dokter Puskesmas Surian dinyatakan pasien minta pulang paksa, kalau tidak diizinkan akan bikin keributan , untuk itu, Dokter menganjurkan untuk tetap  diisolasi dirumah selama 14 hari.

Jam 19.27 Wib Dokter Puskesmas mendapatkan informasi bahwa pasien yang pulang paksa PDP dinyatakan Positif Civid-19.

Forkompimcam mengambil langkah melakukan rapat terbatas dikantor camat dengan keputusan melaporkan ke Damdim 0309 Solok , selanjutnya Forkompincam menginstruksikan kepada jajaran medis lokalisasi wilayah jorong dan kepada puskesmas memetakan riwayat kontak pasien.

Pada jam 21.00 Wib Bupati Solok mengundang  para awak media menyampaikan informasi bahwa, Pasien akan di bawa dini hari kerumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.(Yon)
Share:
Komentar

Berita Terkini