Penyaluran Beras Bagi Warga Terdampak Virus Corona Dinilai Lambat

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan dinilai lambat melakukan penyaluran beras bagi warga Medan yang terdampak virus Covid-19.

Bahkan sejak diberlakukannya siaga darurat terhadap virus corona pada 31 Maret 2020 lalu masyarakat baru mendapatkan bantuan beras sebanyak 5 kilogram (kg).

"Itu pun belum semuanya mendapatkannya," kata Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga kepada wartawan, Jumat 17 April 2020.

Seharusnya, kata politisi Gerindra itu penyaluran beras bagi warga terdampak virus corona sudah memasuki tahap kedua.

"Namun, masih banyak warga miskin khususnya yang mengeluhkan belum mendapatkan bantuan beras tersebut," kesalnya.

Pemko Medan, katanya, diminta untuk secepat mungkin menyalurkan bantuan beras tersebut.

"Mengingat, bantuan beras tersebut sangatlah dibutuhkan warga Medan khususnya warga miskin di masa-masa sulit seperti saat ini akibat pandemi corona," sebutnya.

Apalagi, lanjutnya, ada alokasi anggaran sebesar Rp.100 Miliar yang telah dipersiapkan untuk membantu warga Medan akibat penyebaran virus corona tersebut.

"Dan kepada Plt Walikota Medan jangan hanya banyak bicara saja, masyarakat saat ini butuhnya aksi nyata berupa bantuan beras atau sembako bukan hanya bagi bagi masker saja," kesalnya.

Bahkan, katanya, untuk membantu masyarakat Medan akibat dampak virus corona ini, DPRD telah sepakat akan menyiapkan alokasi anggaran hingga Rp 500 Miliar.

"Ya, dengan alokasi anggaran itu nantinya jangankan untuk beli 1000 ton beras, 10.000 ton beras pun akan bisa kita beli agar bisa membantu masyarakat Medan," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Ihwan juga mengingatkan kepada para Kepala lingkungan (Kepling) untuk segera mendata berapa warganya yang berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Mengingat ini adalah bencana jadi, katanya,pendataan warga diharapkan tidak ada unsur suka atau tidak suka.

"Ini kan musibah, dan semuanya kenak dampaknya.Jadi, memang warga miskin menjadi prioritas yang mendapatkan bantuan.Akan tetapi juga warga yang terdampak juga harus mendapatkan bantuan tersebut," pungkasnya.(ds/romisyah)
Share:
Komentar

Berita Terkini