Masyarakat Datangi PN Rantau Prapat...Ini Yang Dicari

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Ratusan orang berasal dari Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) mendatangi Pengadilan Negeri Rantau Prapat di Jalan SM. Raja No. 58 ujung Bandar Rantau Prapat, Jumat (17/4/2020)  guna untuk melengkapi persyaratan menjadi anggota Badan  Permusyawaratan Desa (BPD).

Dimana sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Badan Permusyawaratan Desa, pada Pasal 12 huruf F, tentang syarat Calon anggota BPD berbunyi surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana.

Nah, untuk syarat sebagai calon BPD ini lah, makanya warga Labura ramai berbondong-bondong datang ke kantor Pengadilan Negeri Rantau Prapat.

Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat sebelumnya telah membuat surat mengenai penundaan Pelayanan Surat Keterangan Tidak Pernah Dijatuhi hukum Pidana, sehubungan dengan Covid-19 beberapa hari yang lalu dan pelayanan mengenai surat itu pun sempat di-Off-kan.  Namun pada tanggal 14 kemarin pelayanan mengenai surat tersebut kembali dibuka hingga saat ini.

dengan mempertimbangkan Pandemi Covid-19  dan Kamtibmas, Kasat Intel Polres Labuhan batu meminta Zahida Hafani, SH kepala Bagian Hukum Pemkab Labura agar menghimbau masyarakat yang sedang berada di Pengadilan Negeri Rantau Prapat yang sudah mendapatkan tanda terima surat dari Pengadilan Negeri  supaya membubarkan diri. Atau melaporkan ke panitia dan langsung kembali ke desa masing masing.

Dalam himbauan, Barang siapa yang sudah punya tanda terima surat dari pengadilan baiknya segera pulang, dan yang sudah datang kesana tapi tidak mendapat tanda terima dari pengadilan segera membubarkan diri dengan tertib hal tersebut diucapkan Zahida melalui HP Kasat Intel Polres Labuhan Batu kepada warga Labura yang mencalonkan diri untuk menjadi anggota BPD di Labuhanbatu Utara.

Sewaktu ditanya oleh wartawan, melalui saluler bagaimana kalau para calon anggota BPD belum mendapatkan surat tanda terima dari Pengadilan.

Zahida menjawab, para calon tidak digugurkan haknya sebagai calon karena dihargai usahanya untuk mendapatkan surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana terkendala karena sitkon yang belum stabil''.

Zahida juga menginformasikan, bahwa pelaksanaan pemilihan Calon anggota BPD se-Labura dilaksanakan pada hari Sabtu- Minggu 18-19 April 2020. sedangkan bagi yang belum siap surat pegadilannya maka di beri waktu pada tanggal 19 April hari minggu.(ds/Erwin Sipahutar)
Share:
Komentar

Berita Terkini