Bupati Taput Kembali Berikan BLT Ke Warga Terdampak Covid-19

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs Nikson Nababan MSi, bersama Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen, Dandim 0210/TU Letkol Czi Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung, kembali menyerahkan 1050 Voucher Tambahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Warga  di 11 Kelurahan sebagai dampak dari wabah virus Corona (Covid-19), bertempat di Halaman Kantor Bupati, di Tarutung, Jumat (17/04/2020).

Usai penyerahan voucher BLT, Bupati mengatakan, tambahan ini merupakan penyempurnaan data sebelumnya dan juga masih melaksanakan pendataan yang layak dibantu sesuai perkembangan verifikasi di lapangan, termasuk pendataan lansia sesuai KK.

"Dinas Sosial bersama Camat dan Lurah sebagai pendata harus bijak membuat parameter sebagai alat ukur data yang layak menerima, sehingga memudahkan verifikasi ulang yang dilakukan TNI-Polri agar  penyaluran BLT bisa lebih cepat," kata Bupati.

Ditegaskannya, tingkat error data harus ditekan seminim mungkin agar tidak menjadi pertanyaan. Yang mendapat bantuan adalah yang benar-benar terdampak dari Covid-19, terutama yang kehilangan pekerjaan dan termasuk para lansia yang wajib dibantu sesuai KK.

Bupati menginstruksikan agar para Camat dan Lurah mendata mahasiswa terdampak Covid-19 yang berada di kota tempatnya kuliah dan tidak bisa pulang kampung untuk mencegah penyebaran, terutama orangtuanya yang juga terdampak.

"Kita akan memberikan bantuan kepada mahasiswa yang berada diluar Taput. Sesuai anjuran, kita minta untuk tidak pulang dulu, kita akan bantu uang makannya, khususnya orang tuanya yang tidak mampu," ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan, akan membantu masyarakat yang bukan ber KTP Taput namun berdomisili di Taput. Hal ini diperbolehkan oleh ketentuan sesuai dengan arahan Kementerian Sosial pada saat Rakor semalam melalui video conferens.

"Sekali lagi saya sampaikan, lakukan pendataan dengan benar, jangan sampai BLT ini tidak tetap sasaran," tegas Bupati.

Sebelumnya, dalam laporan Kadis Sosial Irwan Hutabarat mengatakan, hingga saat ini penerima BLT 11 Kelurahan di Taput, total menjadi 3507 KK dan masih ada kekurangan verifikasi di 1 Kelurahan lagi yang direncanakan selesai hari ini. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini