Bupati : Mudik Ke Tapteng Bakal Dikarantina 14 Hari

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Orang yang MUDIK ke Kabupaten Tapanuli Tengah,Sumut akan diisolasi selama 14 hari.  Mengenai hal tersebut disampaikan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada wartawan, Senin (20/04/2020).

Bupati mengungkapkan, hal ini dilakukan dalam upaya warga  berpikir  untuk mudik ke Tapanuli Tengah dalam masa merebaknya COVID-19.

“Ini upaya kita demi menghimbau masyarakat kita untuk tidak mudik secara tidak langsung. Tetapi seandainya kalaupun mereka untuk tetap mudik kita tidak boleh melarangnya, jadi kita akan karantina selama 14 hari,”ungkapnya.

Bupati mengatakan, kebijakan ini diambil setelah tiga warga Tapteng yang meninggal terkait Corona. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk memaklumi atas kebijakan ini.
Bupati berharap aturan wajib dikarantina selama 14 hari bagi warga yang baru pulang kampung  ke Tapteng bakal mengurangi niat warga untuk mudik.  Mengenai aturan ini berlaku mulai 25 April hingga 25 Mei 2020 dan bisa diperpanjang.

“Kalau dia pulang ya sama saja dia 14 hari akan dikarantina dan ini berlaku mulai 25 April hingga 25 Mei 2020. Kita akan lihat situasi, bila dibutuhkan akan diperpanjang,”kata Bupati Tapteng.

Masih Kata Bupati Tapteng, Keputusan ini diambil dalam rapat bersama unsur Ketua DPRD serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Tapteng.

Bila ada warga ada yang baru pulang kampung ke Tapteng di tengah Pandemi COVID-19 bakal dikarantina di Gedung Prodi Keperawatan Tapteng dan Gedung Pengembangan Sumber Daya Manusia Pinangsori Kabupaten Tapteng.

Dan bagi warga yang datang ke Tapteng bukan untuk pulang kampung di wajibkan untuk melapor ke RSUD Pandan dan Dinas Kesehatan Tapteng untuk diperiksa. Bila menolak untuk diperiksa, warga dari luar Tapteng tersebut bakal diisolasi dalam waktu 14 hari.

Bupati Tapteng  juga meminta seluruh jajaran Pemkab Tapteng dan masyarakat untuk melapor ke Gugus Tugas COVID-19 bila ada mengetahui warga yang baru datang dari luar Kabupaten Tapanuli Tengah. (ds/Allin)
Share:
Komentar

Berita Terkini