Ternyata 31 Warga Nias Masuk Daftar ODP Corona

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Setidaknya ada 31 masyarakat di Kabupaten Nias, Sumatera Utara, masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP) Virus Corona (Covid-19).

Demikian diungkapkan Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli MM, seperti yang dikutib dailysatu.com dari pemberitaan kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, status ODP berdasarkan hasil pemeriksaan tim yang telah dibentuk Pemerintah Kabupaten Nias beberapa waktu lalu.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di lokasi yang berbeda, tim kami menemukan setidaknya ada 31 orang masuk dalam daftar ODP", kata Sokhiatulo.

Dia menenjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Nias telah memerintahkan Dinas Kesehatan setempat rutin memantau perkembangan Ke-31 orang tersebut.

"Kami menghimbau supaya mereka dapat menahan (Mengisolasi) diri untuk tidak keluar rumah, berinteraksi dengan kerabat, tetangga, bahkan keluarganya sendiri", ujar Sokhiatulo.

Yang mana tujuannya, lanjut Sokhiatulo, kondisi kesehatan dari Ke-31 orang tersebut dapat terpantau, serta meminimalisir kemungkinan hal yang tidak diinginkan.

"Biasanya, ODP tidak perlu dilakukan rawat inap. Meski begitu, diharapkan mereka dapat mengisolasi diri selama 14 hari di rumah masing-masing", terang Sokhiatulo.

Diakhir bicaranya, Sokhiatulo menyebut Ke-31 orang sebelumnya telah dibawa ke RSUD Gunungsitoli untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Setelah diperiksa, pihaknya memperbolehkan kembali pulang.

"Saya sudah perintahkan tim melakukan pemantauan terhadap perkembangan kesehatan mereka selama 14 hari ke depan. Bila kondisinya memburuk, tim akan membawa ke RSUD Gunungsitoli. Namun jika membaik, maka dipastikan Ke-31 orang tersebut negatif Covid-19, pungkas Sokhiatulo. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini