Pemko Gunungsitoli Wacanakan Penutupan Bandara Udara Binaka

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, mewacanakan lockdown. Kebijakan itu diambil untuk mencegah masuknya Virus Corona (Covid-19) ke Pulau Nias.

Demikian disampaikan Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Gunungsitoli, Onahia Telaumbanua ST, di ruang kerjanya Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli.

Diterangkan Onahia, wacana lockdown muncul setelah pihaknya menggelar rapat bersama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli dan instansi terkait lainnya, Kamis (26/3/2020) kemarin petang.

"Lockdown sebagai bentuk upaya pencegahan masuknya wabah Covid-19 di Pulau Nias, khusunya Kota Gunungsitoli. Benar, wacana tersebut ada muncul dalam rapat yang digelar tadi", kata Onahia.

Namun begitu, lockdown yang dilakukan bersifat terbatas. Artinya kapal pembawa 9 bahan pokok yang diperbolehkan berlabuh di Pelabuhan Laut Gunungsitoli, tidak dengan kapal pengangkut orang atau penumpang.

Selain melakukan lockdown terbatas di Pelabuhan Laut, Pemerintah Kota Gunungsitoli juga mewacanakan menutup sementara Bandara Udara Binaka Gunungsitoli. Tujuannya, untuk menyelamatkan Pulau Nias dari wabah Covid-19.

"Pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan lockdown dan penutupan sementara Bandara Udara Binaka. Tinggal menunggu hasil keputusannya", ujar Onahia. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini