Lagi, DPRD Gunungsitoli Monitoring Proyek Miliaran Rupiah

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Komisi lll DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, kembali memonitoring proyek miliaran rupiah yang diduga bermasalah, Jumat (20/3/2020).

Untuk kali ini, sasarannya adalah proyek pemeliharaan jalan dalam kota dengan nilai kontrak Rp.9.852.539.200 di Kecamatan Gunungsitoli Selatan.

Ketua Komisi lll DPRD Kota Gunungsitoli, Samotuho Harefa, menyebut bahwa monitoring dilakukan berdasarkan laporan masyarakat.

"Kedatangan kami dalam rangka menindaklanjuti keluhan masyarakat. Dimana adanya dugaan pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai spesifikasi", ujar Samotuho.
Dia menerangkan, adapun laporan masyarakat antara lain.
1. Campuran pasir, kerikil, dan semen yang tidak sesuai RAB.
2. Tidak adanya pondasi pada bangunan pendukung (Drainase).
3. Jenis batu gunung yang digunakan pada bangunan pendukung (Drainase) tidak sesuai RAB.
4. Pelebaran badan jalan yang tidak merata.

"Contoh seperti pelebaran badan jalan, masyarakat melaporkan pelaksanaanya tidak merata. Jika pelebaran keseluruhan 3M, maka sisi kiri 2M dan sisi kanan 1M. Artinya tidak ada kesamarataan, patut diduga pekerjaannya tidak sesuai gambar, kata Samotuho.

Terpisah, Anggota Komisi lll, Kurniaman Zega menjelaskan pihaknya telah meminta rekanan untuk mematuhi gambar dan RAB. Sehingga pekerjaan sesuai spesifikasi, serta menghasilkan bangunan yang kokoh dan tahan lama.

"Kami menyarankan, agar ke depan Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat memecah paket pekerjaan seperti ini, jangan lagi dibuat gelondongan. Karena kami sulit melakukan pengawasan" ucap Kurniaman.

Menurut keterangan papan proyek, sumber dana pemeliharaan jalan dalam kota itu berasal dari DAU Kota Gunungsitoli TA 2020. Sebagai pelaksana M. Fadlin Direktur Utama PT. Tresno Agung Lestari. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini