Ini Jurus Pemko Gunungsitoli Cegah Virus Corona

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Wakil Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Sowa'a Laoli SE, M.Si, menggelar konfrensi Pers terkait upaya pemerintah daerah dalam mencegah wabah Virus Corona (Covid-19).

Konfrensi Pers yang dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah itu berlangsung di Lantai l antor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Selasa (17/3/2020).

Dalam paparannya, Sowa'a menyampaikan bahwa hingga saat ini ada sembilan upaya Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam mencegah wabah Virus Corona.

Adapun kesembilan upaya tersebut, yakni diantaranya.

1. Pemerintah Kota Gunungsitoli menghimbau masyarakat agar dapat tetap bersikap tenang, tidak panik, hidup sehat, dan bersih.

2. Pemerintah Kota Gunungsitoli telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang terdiri dari berbagai unsur instansi dan lembaga terkait lainnya.

3. Pemerintah Kota Gunungsitoli melakukan kerjasama dengan Bandara Udara Binaka, PT. Pelindo dan PT. ASDP melakukan pendeteksian terhadap setiap penumpang yang masuk melalui jalur udara dan laut.

4. Pemerintah Kota Gunungsitoli meliburkan siswa-siswi tingkat Paud, SD, dan SMP sekaligus menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah terhitung 18 Maret s/ 3  April 2020. Yang kemudian dialihkan menjadi kegiatan belajar mandiri di rumah baik secara online maupun manual.

5. Pemerintah Kota Gunungsitoli mengharapkan RSUD Gunungsitoli menyiapkan diri dalam menangani setiap kasus yang diduga atau suspect positif Covid-19. Begitupun dengan RSU Swasta, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya.

6. Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kesehatan dengan dibantu TNI/Polri telah mempersiapkan tata kerja dalam melaksanakan penelusuran kontak jika ditemui dugaan suspect positif Covid-19.

7. Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kesehatan akan memberikan penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan cara pencegahannya.

8. Pemerintah Kota Gunungsitoli melarang sementara waktu ASN melakukan perjalanan dinas keluar daerah, kecuali ada keperluan dinas penting.

9. Pemerintah Kota Gunungsitoli menghimbau agar setiap instansi/lembaga mengurangi kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak masyarakat.

"Kesembilan upaya itu bertujuan mencegah masuknya Virus Corona ke Kota Gunungsitoli. Untuk diketahui, Pemerintah Kota Gunungsitoli juga telah menunda sejumlah kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Salah satunya adalah kegiatan kebaktian kebangunan rohani (KKR) perayaan Hari Paskah yang rencananya digelar 5 April mendatang, ujar Sowa'a. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini