Di Kab. Dairi ODP Covid-19 Mencapai 27 dan PDP Satu Orang

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks Foto : Seketaris Dinas Kesehatan Dairi, Frisda Turnip 
dailysatu.com - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Dinas Kesehatan terkait wabah Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Dairi hingga saat ini bertambah 27 orang, dimana sebelumnya masih satu orang.

Hal ini  disampikan, Seketaris Dinas Kesehatan Dairi, Frisda Turnip kepada wartawan, Jumat (20/3/2020) sore.

Disebutkannya, 6 dari 27 orang ODP itu adalah TKI yang baru pulang dari Malaysia.

“Sedangkan 21 orang lainnya merupakan warga Dairi yang baru saja pulang bepergian dari kota besar di Indonesia,” kata Frisda.

Dijelaskan Frisda, mereka tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Siempat Nempu 3 orang, Berampu 1orang, Siempat Nempu Hulu 2 orang, Lae Parira 1orang, Silima Pungga-Pungga 3 orang, Sumbul 1 orang, Gunung Sietmber 5 orang, Sitinjo 1 orang, Kecamatan Sidikalang 2 orang dan Tigalingga 8 orang.

"Sekarang ini mereka yang status ODP, masih dalam pemantauan ketat petugas Puskesmas di masing-masing kecamatan. Dari ke-27 ODP ini, termasuk di dalamnya keluarga serumah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) asal Dairi yang saat ini masih dirawat di RS Adam Malik Medan," sebut Frisda

Lebih lanjut Frisda menyampaikan, untuk satu orang ODP terkait Covid-19 asal Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang yang sebelumnya dirujuk di RS Adam Malik Medan saat ini statusnya naik menjadi PDP.

"Apakah pasien tersebut positif atau negatif (Covid-19) kami belum tahu, karena masih PDP di RS Adam Malik Medan,” ucap Frisda,

Untuk upayah pencegahan saat ini. Menurut Frisda, Dinas Kesehatan Dairi telah melakukan disinfeksi di tempat tinggal ke-27 ODP, serta mengimbau mereka untuk tidak keluar rumah atau bepergian jauh.

"Kami sudah mendatangi dan periksa para ODP tersebut. Hasilnya, mereka belum menunjukan gejala-gejala klinis Covid-19. Tempat tinggal mereka juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan,"tandasnya. (ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini