Cegah Virus Corona Bupati Taput Harap SOL Terbuka Kedatangan TKA

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs Nikson Nababan MSi, berharap kepada pihak Sarulla Operation Limited (SOL) agar terbuka tentang kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla, untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Hal itu dikatakan Bupati Nikson, didampingi Sekda Indra Sahat Simaremare, Kadis Kesehatan Alex Gultom, Kadis Perhubungan Erikson Siagian, Kasat Pol PP Rudy Sitorus dan Kepala BPBD Bonggas Pasaribu, saat meninjau Perumahan karyawan SOL di Siarang-arang, Desa Partali Julu, Kecamatan Tarutung, Sabtu (21/03/2020).

Bupati bersama Pasi OPS Kodim 0210/TU Joni L Lumbantoruan dan Kabag OPS Polres Taput Kompol Gamal, saat tiba di perumahan tersebut, diterima oleh Site Manager dan Wakil Kepala Teknik Panas Bumi SOL, Zulham Anwar dan Site Admind Superintendent, Leonard Sitompul.
Dalam peninjauan, Bupati berharap keterbukaan pihak SOL terhadap adanya pekerja pendatang (asing/lokal) dan tamu. Termasuk data lengkap kedatangan para tamu yang masuk ke Taput. Upaya ini sebagai tindak lanjut pernyataan bersama yang dikeluarkan Bupati bersama Forkopimda Taput beberapa waktu lalu.

"Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan tidak ada pekerja asing yang baru tiba di Taput tanpa pemantauan. Kita juga telah melakukan desinfektanisasi di perumahan ini, serta menerima laporan bahwa seluruh pekerja telah diperiksa kesehatannya," ucap Bupati.

Bupati juga berharap agar jangan ada keresahan di masyarakat atas keberadaan pekerja asing SOL. Tidak perlu paranoid yang berlebihan dan yang paling penting seluruh masyarakat tetap waspada.

"Setelah peninjauan ini, kita simpulkan saat ini perumahan karyawan SOL dianggap clear," tegas Bupati.

Sementara, Wakil Kepala Teknik Panas Bumi SOL, Zulham Anwar, mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan antisipasi Bupati terhadap penyebaran virus Corona.

"Kami mengucapkan terima kasih perhatian Bupati yang melakukan sidak bersama Forkopimda ke lokasi perumahan SOL ini," ucap Zulham.

Disampaikannya, bahwa tidak ada tenaga kerja asing yang baru datang, yang ada adalah pekerja yang sudah 3 bulan berada di Taput. Pihak SOL juga menerapkan sistem yang ketat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Setiap pekerja asing dari luar negeri maupun lokal, dicek kesehatannya satu persatu ketika memasuki lokasi tempat kerja dan juga di perumahan ini," kata Zulham Anwar.

PLTP Sarulla merupakan pembangkit listrik terletak di Kecamatan Pahae Jae dan Pahae Julu, Kabupaten Taput. Dikelola oleh konsorsium SOL dan telah beroperasi sejak tahun 2017. Dimana, dalam pengoperasiannya terdapat sejumlah pekerja asing dari luar dan dalam negeri. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini