Cegah Virus Corona, Bupati Solok Ajak Masyarakat Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Siapa pun dapat terinfeksi virus corona. Akan tetapi, tetap waspada dan tetap tenang dan memahami segala yang terkait degan masalah COVID -19, sambil mengikuti apa yang disaran kan oleh petugas Kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Bupati Solok melalui Kabag Humas  Syofiar Syam S.Sos., M.Si dalam Himbau Bupati Nomor 360/144/Dinkes 2020.

Tentang kewaspadaan penyakit infeksi corana virus  Disease ( Civid 19 ). Berdasarkan surat edaran Dirjen mentri kesehatan Nomor HK 02.02/II/483/2020 . Tentang revisi Ke-2 pedoman kesiapsiagaan menghadapi infeksi coronavirus Disease Covid-19 maka dihimbau seluruh masyarakat untuk waspada terhadap penyakit infeksi Covid 19 di kabupaten Solok.

Selain itu, Gusmal menyampaikan menjaga dan mememlihara serta meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, tidak merokok, makan makanan bergizi dan berolah raga teratur.

Membiasakan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, beraktifitas, ketika akan menyentuh area wajah, menerapkan etika batuk jaga jarak tutup,hidung dan mulut dengan tisue atau kain saat batuk dan lalu cuci tangan.

Gunakan masker terutama bagi pederita batuk dan flu saat akan berpergian ketempat ramai, membatasi/ mengurangi berpergian dan berkunjung ketempat  tempat ramai daerah terdampak.

Masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang baru kembali dari negara wilayah terjangkit, untuk segera mengunjungi fasyankes/ Rs terdekat apa bila mengalami gejala demam infeksi saluran pernapasan akut, ( ISPA ) seperti batuk, pilek, nyeri tengorokan dan ganguan pernafasan . Memeriksakan diri kepuskesmas terdekat jika mengalami gejala ganguan saluran bernafas.

Bupati berharap, kepada wali nagari membacakan dan mesosialisasikan himbauan kepada masyarakat baik pada kegiatan sosial ataupun kegiatan pertemuan pegajian masjid mushola .

Dinas kesehatan dan puskesmas agar melaksanakan penyuluhan tentang bahaya infeksi Covid 19  dan pengobatan pasien dengan infeksi saluran pernafasan.(Mg.Yon)
Share:
Komentar

Berita Terkini