Antisipasi Virus Corona, Mupakat Pemerintah Kabupaten Dairi Sekolah Diliburkan Dua Minggu

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Bupati Dairi DR Eddy bersama Dandim 0206 Dairi rapat malam ini Setelah mengadakan rapat pemkab Dairi bersama Forkopimda Kabupaten Dairi, Selasa (17/3/2020) malam diputuskan terhitung mulai besok, Rabu 18 Maret 2020 seluruh sekolah di Kab. Dairi diliburkan hingga 31 Maret 2020. 

Keputusan itu diambil untuk mencegah dan antisipasi penyebaran virus corona di Dairi. Rapat malam ini dipimpin langsung Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Ketua DPRD Dairi Wanseptember Situmorang, SH, Dandim 0206 Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto, SH, Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SH, MM, Wakapolres Dairi Kompol David P. Silalahi, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang serta para Pimpinan OPD Kabupaten Dairi.

Dalam beberapa poin penting diantaranya, penundaan sementara aktivitas keramaian baik itu kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya maupun kegiatan aktivitas keramaian lainnya. Forum sepakat agar  aktivitas keramaian khususnya kegaiatn belajar mengajar di sekolah diliburkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
"Kita satu pola pemikiran, kebijakan kita untuk hari libur sekolah. Libur akan berlaku mulai besok tanggal 18  s/d 31 Maret 2020,” ujar Bupati Dairi .

Selanjutnya, menginstruksikan kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Besli Pane untuk segera membuat himbauan ataupun pengumuman kepada seluruh guru dan sekolah malam ini juga agar mengetahui perihal libur tersebut.

Bupati menegaskan, meski libur namun dihimbau para  pelajar agar tidak melakukan aktivitas seperti jalan-jalan ataupun mengunjungi aktivitas keramaian untuk mencegah dan meminimalisir dampak terjadinya penyebaran virus corona yang terus diantisipasi penyebarannya.

Putusan dalam  rapat  malam ini  juga berlaku untuk pendidikan non formal  yang ada di Kabupaten Dairi, seperti lembaga bimbingan belajar khususnya yang ada di Kota Sidikalang libur selama 14 hari.

Dikatakan Bupati, sebagai pengganti ilmu pengetahuan yang akan didapat selama libur tersebut, ada beberapa pilihan yang bisa diterapkan seperti memberikan soal-soal kepada para siswa untuk dikerjakan dirumah sehingga ilmu pengetahuannya tetap mereka dapatkan.

Sementara itu, berkaitan  keramaian yang dalam waktu dekat dan telah diagendakan akan berlangsung di Kabupaten Dairi. Disepakati  menunda sementara berbagai kegiatan atau aktivitas yang mengundang keramaian guna mencegah dan meminimalisir dampak terjadinya penyebaran virus corona. “Kita sangat menghargai dan sangat hormat terhadap segala kegiatan tersebut, namun sesuai kesepakatan kita bersama, segala kegiatan tersebut agar ditunda untuk sementara waktu,” jelas bupati.

Namun demikian berkaitan libur ASN dikatakan belum perlu, namun untuk sementara sejumlah aktivitas perkantoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi dikurangi  berkaitan dengan pengumpulan orang seperti upacara maupun rapat rapat dalam jumlah besar.

“Meeting atau rapat dalam jumlah peserta yang besar untuk sementara agar dihindari. Kalau memungkinkan segala rapat akan dilakukan melalui sistem online video conference seperti yang dilakukan oleh Presiden. (ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini