Termohon Tidak Hadir, Sidang Pertama Praperadilan Terkait Penangkapan Delapan Karyawan Suzuya Ditunda Pekan Depan

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Sidang Praperadilan tentang. Penangkapan dan penahanan 8 karyawan Game Stars di komplek suzuya Rantauprapat digelar Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, akan tetapi Polres Labuhanbatu sebagai Termohon tidak hadir.

Dalam sidang yang di pimpin oleh Arie Ferdian SH.MH menyebutkan bahwa Polres Labuhanbatu sebagai Termohon sudah dipanggil secara Patut menurut Undang-undang, akan tetapi hingga sekarang belum datang dan kita akan panggil sekali lagi kata Arie kepada penasihat hukum Pemohon.

Dalam sidang terjadi perdebatan tentang tenggang 7 hari waktu masa Praperadilan, yang menurut Harris Nixcon Tambunan, SH sebagai kuasa hukum ke delapan karyawan Game Stars, perhitungan 7 hari masa Praperadilan dimulai dari sidang saat ini.

"Yang mulia berdasarkan KUHAP dan buku Pedoman Mahkamah Agung perhitungan 7 hari  masa praperadilan dimulai sejak hari ini persidangan,"ucap Harris dalam persidangan.

 Akan tetapi, Hakim Arie menolak dan menyatakan perhitungan 7 hari masa praperadilan di mulai sejak Pemohon dan Termohon hadir dipersidangan.

Sebelumnya, kedelapan karyawan Game stars mengajukan gugatan Praperadilan tentang penangkapan serta Penahanan tidak sah dimana dalam sidang pertama ini pihak Polres Labuhanbatu sebagai Termohon tidak hadir selanjutnya ditunda pekan depan.

Lebih lanjut Pengacara Kondang itu menjelaskan, dalam gugatan praperadilan yang ditujukan ke Polres Labuhanbatu dianggap telah melanggar prosedur sebagaimana diatur dalam UU No. 8 Tahun 1981 ttg KUHAP juga PERKAP KAPOLRI No. 14 Tahun 2012 Ttg Managemen Penyidikan Tindak Pidana serta PERKAP KAPOLRI No. 6 Tahun 2019 ttg Penyidikan.

Sebelumnya, telah terjadi penggeledahan dan penangkapan terhadap 8 karyawan usaha Game Stars di komplek suzuya Mall,  yang dilakukan oleh Polres Labuhanbatu dengan tuduhan usaha game stars permainan ketangkasan tembak ikan telah melakukan perjudian, akibat dari penggerebekan tersebut 8 karyawan dan 7 pemain game tembak ikan ditangkap dan dibawa ke Polres Labuhanbatu.(ds/zulharahap)
Share:
Komentar

Berita Terkini