Proyek Dinas SDA Cipta Karya Provsu Rp 1,9 Miliar Di Tarutung Disoroti Warga

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
Teks foto :Proyek pembuatan SPAM IKK dari Dinas SDA Cipta Karya Dan Tata Ruang Provsu di Tarutung, Taput, senilai Rp 1,9 miliar.
dailysatu.com - Sejumlah kalangan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), menyoroti dan mempertanyakan proyek pembangunan pipa air, Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya Dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang terletak di jalan Sibolga, Kecamatan Tarutung.

Seperti disampaikan, Winner Simanungkalit, seorang pemerhati pembangunan di Taput, proyek senilai Rp 1,9 miliar tersebut diduga bermasalah dan terkesan asal dikerjakan.

Menurutnya, proyek pembangunan jaringan perpipaan dari Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya Dan Tata Ruang Provsu tahun anggaran 2019, diduga tidak sesuai kontrak dan terkesan asal dikerjakan.
Dari penelusuran di lapangan saat dikerjakan, menurut seorang pekerja, kedalaman pipa yang ditanam persis di sisi jalan itu, sedalam 1 meter.

Namun dari pengamatannya, kedalaman galian ada yang bervariasi, antara 65-75 centimeter. Bahkan, kata dia, ada yang kedalamannya hanya 30 centimeter dan sebagian lagi ada yang terlihat tanpa digali dan pipa dipasang di atas saluran drainase jalan.

Dijelaskan Simanungkalit, dibeberapa titik, tembok penahan tanah juga longsor dan retak akibat akibat pembangunan pipa tersebut.

"Kita juga heran, karena selama pengerjaan proyek tersebut, papan informasi proyek tidak pernah dipasang, karena tidak pernah kita lihat di lokasi. Ini ada apa, apakah masyarakat tidak boleh tau proyek itu apa dan dananya berapa?," kata Winner Simanungkalit, Kamis (13/2/2020), di Tarutung.

Winner Simanungkalit juga mempertanyakan tentang ijin pembongkaran drainase jalan dan bagaimana teknis perbaikan drainase ketika proyek pipa tersebut dilakukan. Kemudian, mengapa papan informasi proyek tidak ada terpampang di lokasi proyek.

Data diperoleh dari lpse.sumutprov.go.id, proyek pembangunan tersebut adalah, Pembuatan SPAM IKK PKWp Kec. Tarutung. Pemenang tender tertulis atas nama, CV Habinsaran, alamat jalan Djamin Ginting No 795 Medan, dengan nilai proyek Rp1.930.085.923,15.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan Dinas SDA Cipta Karya Provinsi Sumatera Utara, Edison Hutasoit, saat dimintai keterangan melalui selulernya menjelaskan, kedalaman pipa bervariasi, itu tergantung situasional di lapangan. Karena di bawah lokasi penggalian pipa, banyak terdapat pipa-pipa lama.

Lanjutnya, jalur pipa dibangun di saluran drainase karena beberapa hal. Diantaranya, bahu jalan yang  sempit dan pada bahu jalan yang sempit tersebut terdapat existing pipa-pipa lama yang posisinya berdekatan serta pemasangannya dangkal. Saluran drainsae yang dibongkar dikembalikan kondisinya dengan pengecoran kembali.

" Untuk papan informasi proyeknya, pernah dipasang. Titik nol kami sekitar 1,6 km dari Ugan. Di situ dipasang, tetapi akibat CCO PUD Taput, titik kami bergeser. Akibatnya, papan informasi tidak terdeteksi lagi. Nanti kucarikan fotonya sama pengawas," jelas Edison Hutasoit. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini