Agustus,FK UMI Buka Magister Biomedik

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com-Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan akan membuka prodi baru yakni Magister Biomedik pada Juli atau Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Dekan FK UMI dr Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG,MM saat Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-151 Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (UMI) di Istana Koki Medan, beberapa waktu lalu.

Dekan mengatakan keluarnya izin ini merupakan anugerah bagi FK UMI Medan yang telah bekerja keras demi mewujudkan lahirnya program Magister Biomedik.

"Ini juga kado di tahun 2020 setelah tahun lalu akreditasi Fakultas Kedokteran menjadi B,"katanya.

Sementara Rektor UMI, Drs.Humuntal Rumapea mengucapkan syukur atas keluarnya izin pembukaan prodi baru sehingga FK UMI semakin berkembang dalam menghadapi ketatnya persaingan antar PTS (Perguruan Tinggu Swasta) di Sumut.

"Saya berharap FK UMI akan menjadi FK swasta terbaik di Sumut. Dan untuk itu, pihaknya siap memberikan dukungan dan semua yang dibutuhkan," jelasnya.

Pada pelantikan dipimpin Dekan FK UMI dr Eka Samuel P Hutasoit, SpOG itu sebanyak 61 dokter diambil sumpahnya. Total semua lulusan FK UMI sebanyak 3.956 Pada angkatan ke-151 ini, lulusan terbaik diraih oleh dr Kalvin Tutamana Hutabarat IPK 3,98.

Dalam kesempatan itu penghargaan juga diberikan kepada dr Daniel Aprianto Sihotang peraih peringkat 10 nilai tertinggi UKMPPD CBT Nasional.

Sementara, Ketua Umum Ikatan Alumni, dr.Bulan Simanungkalit, M.Kes, MM mengajak seluruh dokter muda yang baru disumpah agar bekerjasama dengan Ikatan alumni untuk memajukan FK UMI.

"Kepada adik-adikku, mari kita kembalikan FK UMI ini ke masa kejayaannya yang telah melahirkan ribuan dokter unggul yang telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Dan itu diperlukan kerjasama dan sinergitas baik antara pihak yayasan, rektorat, dekanat dan para alumni,” ujarnya sembari menyebutkan alumni FK UMI harus berani tampil beda sehingga mampu terus membangun dunia kesehatan di Indonesia.

Upacara pengangkatan sumpah dokter itu dihadiri di antaranya Dekan FK UMI, dr Eka Samuel P Hutasoit, SpOG, MM, Rektor UMI, Drs. Humuntal Rumapea, M.Kom, Wakil Dekan I, dr Esther Sitorus, MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II, dr Alexander P Mar­paung MKT, Wakil Dekan III, dr Harry Butar-Butar SpB.

Kemudian, Ka Prodi S Ked, dr Fitriani Lumangga, SpPA, Kaprodi Profesi dr Donal Sitompul, SpKJ, Guru Besar, Prof Dr dr Hadyanto Lim, MKes, SpFK dan Prof Dr dr Thomson P Nadapdap, MS (Epid), dr Putri C Eyanoer, MS Epi, PhD, Ketua MEU dr Maestro Simanjuntak, MKes, anggota Senat dosen dr Laura Siagian, MKed (Neu), SpS, anggota senat dosen dr Jerry Tobing, M Ked (IRL-HNS), SpTHT-KL, Sekretaris Prodi Profesi Dokter dr Endy Julianto MKT

Hadir juga dalam kesempatan itu dari perwakilan rumah sakit pendidikan Djasamen Saragih Siantar, RSU Djoelham Binjai, Dinkes Medan, RSU Pirngadi Medan serta Dinkes Sumut.

Salah satu dokter muda yang diberi ke­sempatan menyampaikan pesan dan kesannya, dr. Sahat Fernando Rajagukguk mengungkapkan suka dan duka selama mengenyam pendidikan di FK UMI.

"Terima kasih kepada orang tua kami, karena orangtualah yang menjadi sandaran kita saat kami sedang letih, Dan lelah. Karena sesungguhnya doa orangtua yang menjadi jalan penerang bagi kita,” tuturnya.

Mewakili orangtua yakni Renny Sitorus SH orangtua dr. Daniel Aprianto Sihotang mengucapkan terima kasih kepada dosen dan dekanat FK UMI yang telah berkontribusi terhadap capaian kelulusan dokter-dokter baru angkatan ke-151.(ds/romisyah)

Share:
Komentar

Berita Terkini