Tanggul Irigasi Aek Siborgung Tarutung Jebol Petani Terancam Gagal Panen

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com - Tanggul irigasi Aek Siborgung di Desa Parbubu I Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), jebol sekitar 40 meter. Akibatnya, lahan padi milik masyarakat petani di sekitar irigasi tersebut terancam gagal panen.

Pak Polin Simatupang, warga Desa Parbubu I saat ditemui di lokasi irigasi, kepada dailysatu.com, Selasa (21/1/2020) mengatakan, saluran irigasi Aek Siborgung ini jebol sejak dua minggu terakhir.

Pada bulan Nopember 2019 sudah pernah jebol dan telah diperbaiki oleh pemerintah dengan membuat bronjong darurat dan menggunakan alat berat untuk membuat dinding tanggul. Namun, tanggul tersebut kembali jebol.



"Pada hal, bulan Januari ini sedang dilakukan penanaman benih padi. Sehingga masyarakat merasa terancam gagal panen karena ketersediaan air untuk puluhan hektar persawahan di tiga desa, sangat mengandalkan irigasi Aek Siborgung ini," ujar Simatupang.

Dilanjutkannya, Irigasi Aek Siborgung ini juga mengairi persawahan milik masyarakat petani yang ada di Desa Parbubu II dan Desa Hutapea Banuarea, Kecamatan Tarutung. Dia sangat berharap agar pemerintah dan instansi terkait agar secepatnya memperbaiki tanggul tersebut.

Sementara Kepala BPBD Taput, Bonggas Pasaribu, saat dimintai keterangannya melalui pesan whatsapp mengatakan, pihaknya bersama Camat, kemarin telah meninjau lokasi dan hal tersebut juga sudah dilaporkan ke PSDA provinsi.

"Karena ini merupakan daerah irigasi, jadi kita sudah laporkan ke PSDA provinsi agar secepatnya ditangani dan diharapkan mereka juga akan turun ke lokasi," kata Bonggas Pasaribu. (ds/Bisnur Sitompul)


Share:
Komentar

Berita Terkini